Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Kandidat Sekdaprov Jatim Mengerucut ke Tiga Nama

24 Juli 2018, 13: 21: 06 WIB | editor : Wijayanto

Anom Surahno

Anom Surahno (NET)

Share this      

SURABAYA - Tim panitia seleksi (pansel) telah menyelesaikan pekerjaannya. Tiga nama dari empat pendaftar calon sekdaprov berhasil dirumuskan.

Hanya saja, tim pansel masih merahasiakan nama-nama tersebut. Tim yang diketuai oleh Rudi Poernomo tersebut beralasan bahwa nama tersebut belum final. Masih ada skema yang harus dilewati sebelum final satu nama.

"Kami berlima telah menyelesaian tugas sebagai pansel. Dan besok (selasa 24/7) nama-nama tersebut akan kita kirimkan ke gubernur untuk dilaporkan ke presiden lewat Mendagri,” ujar Rudi saat dikonfirmasi, Senin (23/7).

Namun, terlepas dari itu, pihaknya mengakui bahwa tim sempat alot. Sebab, keempat nama calon tersebut memiliki kredibilitas dan kapabilitas yang hampir sama. Sehingga nilainya pun selisih sangat tipis sekali. Begitu juga dengan visi dan misi yang dipaparkan dalam pemerintahan, hasilnya cukup bagus semua.

Selanjutnya, dari ketiga nama tersebut, akan diserahkan kepada Gubernur Jatim Soekarwo. Yang selanjutnya oleh gubernur dikirim kepada mendagri. Di tangan mendagri nantinya, ketiga nama itu masih harus melewati seleksi yang dilakukan oleh tim penyeleksi akhir (TPA) dipimpin oleh wakil presiden.

Hasil dari seleksi TPA inilah, lantas keluar satu nama dan diumumkan. “Masih ada waktu, besok masih bisa diserahkan kepada Pak Gubernur,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim, Anom Surahno mengakui, nama calon sekdaprov Jatim hasil tim pansel akan diserahkan ke mendagri dalam dua hari mendatang. Pihaknya berharap paling cepat nama Sekdaprov Jatim tanggal 27 Agustus.

“Ini karena dalam Perpres-nya disebutkan ada TPA, sebelum diumumkan nama Sekdaprov pengganti Pak Soekardi. Itu harus dilalui,” kata Anom.

Dia melanjutkan, dalam menjalankan tugasnya memastikan bahwa tim pansel tidak ada intervensi dan tekanan. Ini dikarenakan tim berisikan para ahli yang telah memiliki kredibilitas dalam bidangnya masing-masing.

Perlu diketahui, ada empat nama yang mendaftar menjadi calon Sekdaprov Jatim. Keempatnya di antaranya, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Heru Tjahjono, Kepala Dinas Perhubungan Wahid wahyudi, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim Bobby Sumiarsono dan Asisten I bidang perekonomian Fattah Jasin. (bae/no)

(sb/bae/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia