Selasa, 16 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Sentra PKL Gajah Mada Tampung 89 Pedagang

20 Juli 2018, 20: 30: 51 WIB | editor : Lambertus Hurek

Wabup Nur Ahmad Syaifuddin memberikan pengarahan di sentra PKL Gajah Mada.

Wabup Nur Ahmad Syaifuddin memberikan pengarahan di sentra PKL Gajah Mada. (Satria Nugraha/Radar Sidoarjo)

Share this      

Sentra pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Gajah Mada, Sidoarjo, sebenarnya sudah selesai dibangun. Namun hingga kini bangunan tersebut belum juga digunakan. Ada beberapa fasilitas yang belum tersedia. Pemkab pun berupaya untuk melengkapi fasilitasnya tahun ini.
Jumat (20/7), beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turun langsung bersama Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin ke sentra PKL Gajah Mada. Mulai dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Satpol Polisi Pamong Praja, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), dan bagian perekonomian. Mereka mengecek kesiapan bangunan tersebut sekaligus membersihkan.
Kepala Dinas PUPR Sigit Setyawan mengatakan, pembangunan sentra PKL Gajah Mada sudah dilakukan sejak 2009. Keterbatasan anggaran membuat bangunan dua lantai itu baru selesai tahun ini. Nantinya ada 89 pedagang yang akan direlokasi di sentra PKL tersebut. "Hanya untuk pedagang kuliner di sepanjang Jalan Gajah Mada," katanya.
Sedangkan untuk pedagang non kuliner seperti pakaian, pemkab sudah menyediakan tempat sendiri. Lokasinya berdekatan dengan sentra PKL Gajah Mada, yakni di lahan Plaza Sidoarjo. Lantai dasarnya masih kosong. Bisa digunakan untuk sentra PKL nonkuliner yang jumlahnya mencapai 50 pedagang.
Namun, sebelum merelokasi pedagang, pemkab masih punya pekerjaan rumah. Salah satunya adalah menentukan OPD yang akan mengelola tempat tersebut. Selain itu beberapa fasilitas seperti saluran air dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) juga belum tersedia.
Sigit menyebutkan, kedua fasilitas itu akan diupayakan untuk terwujud tahun ini juga. Pihaknya sudah mengajukan dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK). Dia menargetkan akhir tahun ini sentra PKL sudah bisa digunakan.
Sementara itu, Kepala Satpol PP Widiyantoro Basuki mengatakan, sebelum sentra PKL berjalan, pihaknya memiliki beberapa pekerjaan. Yakni melakukan sosialisasi pada pedagang. Kegiatan itu sudah berjalan awal minggu lalu. "Pedagang setuju ditempatkan di sentra PKL," ujarnya.
Selain itu, penataan parkir dan jukir juga dilakukan. Tujuannya agar lalu lintas kendaraan tidak terganggu. Kepala UPT Parkir Dishub Ferry Prasetiyo mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan lahan parkir tepi jalan. "Di depan sentra PKL harus steril," tegasnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin kemarin ikut melihat sentra PKL Gaja Mada. Nur mengatakan, pemkab sudah mengeluarkan dana besar untuk membangun lahan tersebut. "Harus segera beroperasi," pungkasnya. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia