Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Alasan Dititipi Teman, CJH Bawa 45 Slop Rokok

20 Juli 2018, 16: 03: 33 WIB | editor : Wijayanto

DIPERIKSA: Petugas Bea Cukai menyita rokok yang dibawa oleh para CJH yang melebihi ketentuan di Asrama Haji Sukolilo.

DIPERIKSA: Petugas Bea Cukai menyita rokok yang dibawa oleh para CJH yang melebihi ketentuan di Asrama Haji Sukolilo. (GINANJAR ELYAS SAPUTRA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Pemeriksaan barang bawaan calon jamaah haji (JCH) di Asrama Haji Sukolilo, Rabu (18/7) malam, petugas menyita puluhan slop rokok dari koper CJH kloter 7.

Seperti biasanya CJH menjalani serangkaian proses administrasi dan pengecekan barang bawaan oleh petugas Bea Cukai. Saat memeriksa satu per satu tas milik CJH, petugas menemukan sembilan tas yang kedapatan membawa 45 slop rokok.

Slamet Riyadi, salah satu CJH kloter 7 asal Jember yang kedapatan membawa sejumlah slop rokok, ia berdalih rokok tersebut titipan dari temannya yang berada di Arab Saudi.

"Saya dititipi teman yang kerja dan tinggal di Arab, saya kira tidak masalah. Eh, ternyata malah disita petugas," ujarnya, Rabu (18/7).

Untuk mengelabuhi petugas Bea Cukai, puluhan slop rokok milik Slamet tersebut dibungkus rapi layaknya paketan yang dikirim melalui jasa pengantar barang. Alhasil saat dilakukan pemeriksaan rokok yang ia bawa dapat di gagalkan oleh petugas Bea Cukai saat proses boardingpas di Asrama Haji Sukolilo.

Hal serupa juga dialami oleh CJH lainnya, Surami yang membawa puluhan rokok disimpan rapi di dalam tas dan dibalut dengan kain ihrom dan dilakban untuk mengelabuhi petugas. Surami  beralasan rokok tersebut milik suaminya, "Itu rokok suami saya, kan saya tidak merokok," jelasnya.

CJH kloter 7 embarkasi Surabaya yang tiba di Asrama Haji Sukolilo pada pukul 21.00 (18/7) merupakan jamaah yang akan berangkat pada Kamis (19/7) pukul 23.00 WIB.

Kloter 7 ini meliputi 445 CJH dari Jember.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, Isnawati mengingat berkali-kali kepada para CJH untuk tidak membawa barang bawaan yang bukan ketentuannya.

"Sudah berkali-kali diingatkan, masih ada saja yang melanggar. Tapi masih dari sebagian CJH ini tidak memahami aturan yang ada. Tadi slop rokok sudah kami serahkan ke petugas daerah masing-masing," pungkasnya.(gin/no)

(sb/gin/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia