Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Smart-In, Tempat Sampah Masa Depan

Dilengkapi Sensor, Bakal Mengunci Jika Sampah Sudah Penuh

20 Juli 2018, 09: 37: 07 WIB | editor : Aries Wahyudianto

Hadid, mahasiswa Informatika UISI menunjukkan tempat sampah yang dilengkapi sensor, motor dan microcontroller. Fungsinya, bisa mengirimkan pesan kepada petugas sampah jika volumenya sudah penuh.

Hadid, mahasiswa Informatika UISI menunjukkan tempat sampah yang dilengkapi sensor, motor dan microcontroller. Fungsinya, bisa mengirimkan pesan kepada petugas sampah jika volumenya sudah penuh. (HANY AKASAH/RADAR GRESIK)

Share this      

Semakin padatnya populasi menyebabkan permasalahan penumpukan sampah meningkat. Ini akan menyebabkan persoalan baru apalagi jika petugas sampah terlambat mengambil sampah. Butuh solusi agar masalah sampah tidak berkelanjutan.

MENGATASI hal tersebut, sekelompok mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) menciptakan tempat sampah cerdas yang dinamai Smart-In. Sebab, jika sampah terus menumpuk, apalagi meluber ke jalanan akan dapat menyebabkan permasalahan baru, misalnya masalah kesehatan.

Belum lagi, tempat sampah pun kadang kotor dan bau. “Karena itu kami berinisiatif menciptakan tempat sampah Smart-In yang dapat membuka tutup otomatis,” ungkap Hadid, mahasiswa Informatika UISI.

Ia menuturkan Smart In ini akan mengunci otomatis jika tempat sampah penuh dan mengirimkan pesan ke petugas pengambil sampah berupa koordinat tempat sampah yang penuh. Hal ini akan memudahkan petugas kebersihan untuk bekerja secara efisien.

Smart-In digagas oleh tiga mahasiswa Informatika yaitu Hadid Kurniawan Fakih, Dandy Nizam Achmady, dan Rizkiah Aulia. Mereka merancangnya lengkap dengan sensor, motor dan mikrocontroller. Ide ini dibiayai oleh Kemenristek Dikti di Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM KC).

“Harapannya keberadaan Smart-In dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap masyarakat sebagai upaya pencegah penyebaran penyakit melalui penumpukan sampah,” papar Hadid. (*/jee)

(sb/han/ris/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia