Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Berita Daerah

Plt Sekdaprov Tinggal Tunggu Tandatangan Mendagri

17 Juli 2018, 12: 53: 58 WIB | editor : Wijayanto

Mendagri Tjahjo Kumolo

Mendagri Tjahjo Kumolo (NET)

Share this      

SURABAYA - Bursa pengganti Sekdaprov Jatim Ahmad Sukardi terus bergulir. Setelah resmi pensiun Sabtu (14/7) lalu, kini posisi jabatan tertinggi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jatim tersebut segera dicarikan pelaksana tugasnya (plt).

Gubernur Jatim Soekarwo saat ditemui usai sidang paripurna di Gedung DPRD Jatim menyebutkan, jabatan Sekdaprov Jatim selanjutnya akan diemban oleh Plt. Yang saat ini sudah diajukan beberapa nama kepada menteri dalam negeri (mendagri).

“Saya usulkan Plt-nya kepada pak Mendagri, lalu kemudian ditandatangani beliau. Sudah kami usulkan,” ujar gubernur yang akarb disapa Pakde Karwo tersebut, Senin (16/7).

Hanya saja, gubernur kelahiran Madiun tersebut enggan menyebutkan siapa nama-nama yang diajukan menjadi Plt Sekdaprov Jatim. Pastinya mulai kemarin sudah kosong. Pakde Karwo pun optimis kekosongan itu bisa segera terisi. “Segeralah, tinggal menunggu pak Mendagri tanda tangan,” terangnya kepada wartawan.

Sebelumnya, Kamis (12/7) Ahmad Sukardi telah dilantik menjadi pengajar di Widyaiswara. Bersama dengan lima pejabat lainnya, seperti Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jatim, Budi Setiawan dan Pj Sekda Kota Mojokerto Gentur Prihantono Sandjoyo Putro. Kemudian, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan, Mudjib Afan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jarianto dan mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Siswo Heroetoto.

Dengan dilantiknya menjadi pengajar di Widyaiswara, maka dinyatakan pensiun sehari sebelum tanggalnya. “Dia sampai satu hari sebelum masa pensiunnya. Jadi hari kelahirannya itu kapan, misalkan kemarin itu kan Pak Sekda mestinya tanggal 15 jadi tanggal 14 (pensiun), karena jadi Widyaiswara. Nanti Pak Budi (kepala Bappeda) sebelum tanggal 19 sudah harus lepas. Satu hari sebelum pensiun nanti dibuat berita acara seperti itu,” bebernya. 

Perlu diketahui, hingga saat ini telah ada empat nama yang terdaftar dalam bursa Sekdaprov Jatim. Keempat nama tersebut diantaranya, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jatim Heru Tjahjono, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim Bobby Sumiarsono, Asisten II Bidang Perekonomian Setdaprov Jatim Fattah Jasin dan Kepala Dinas perhubungan (dishub) Jatim Wahid Wahyudi.

Keempat nama tersebut memiliki rekam jejak yang panjang. Heru Tjahjono misalnya, alumni Universitas Sebelas Maret tersebut pernah menjabat sebagai Bupati Tulungagung periode 2003-2013. Lalu Bobby Sumiarsono, selain sebagai Kepal Bapenda, alumnus Universitas Brawijaya itu juga pernah menjabat Kepala Biro Umum.

Selanjutnya, Fattah Jasin pernah menduduki Kepala Biro Perekonomian Jatim, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, kepala Bappeda dan Pj Bupati Pamekasan. Dan, Wahid Wahyudi Alumni ITS tersebut pernah juga menjabat sebagai Pj Bupati Lamongan (2015-2016 dan Pj Wali Kota Malang pada pilkada 2018 lalu.

Selanjutnya keempat nama itu akan diseleksi oleh timsel, hingga tersisa tiga nama. Yang lantas diserahkan kepada Presiden untuk ditentukan. “Penunjukan oleh pemerintah pusat, karena wewenang pemerintah pusat,” tandas Pakde Karwo. (bae/rud)

(sb/bae/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia