Rabu, 21 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

SKCK Online Sidoarjo Tunggu Masuk Top 40

16 Juli 2018, 16: 32: 16 WIB | editor : Lambertus Hurek

Kombes Pol Himawan menjelaskan aplikasi SKCK Online.

Kombes Pol Himawan menjelaskan aplikasi SKCK Online. (GUNTUR IRIANTO/RADAR SIDOARJO)

Share this      

Pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) online dan keliling Polresta Sidoarjo kembali mendapat perhatian. Pelayanan publik tersebut masuk dalam top 99 Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) 2018. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) memasukkan pelayanan milik Polresta Sidoarjo tersebut dalam top 99 dari 1.463 inovasi se-Indonesia.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin memberikan penjelasan mengenai proposal pelayanan publik sebagai proses penilaian dari tim panel independen Kemen PAN-RB. Tim tersebut mendengarkan penjelasan mengenai proses penerbitan SKCK Online dan SIM Keliling di Sidoarjo yang sudah berlangsung sejak 2017. "Semua anggota tim panel independen sangat antusias mendengar proses SKCK online di Sidoarjo," katanya, Minggu (15/7).

Ia mengungkapkan, proses penerbitan SKCK di Polresta Sidoarjo tidak butuh waktu lama. Pemohon cukup membuka aplikasi dan mengisi formulir, kemudian menunjukkan nomor pendaftaran di polsek terdekat atau Polresta Sidoarjo. "Hitungan menit SKCK Online sudah selesai," katanya

Tidak hanya itu. Untuk menghindari pungli dalam pengurusan surat tersebut, pihaknya juga sudah bekerja sama dengan bank. Bank ini menerima pembayaran pengurusan SKCK. Pemohon usai menyerahkan nomor pendaftaran langsung diarahkan untuk membayar ke bank yang masih berada di lingkungan Polresta Sidoarjo. "Usai menerima tanda bukti pembayaran SKCK sudah bisa diambil. Tidak perlu waktu lama," tuturnya.

Kombes Pol Himawan mengatakan, jika terpilih, pihaknya akan mengikuti presentasi dan tahap wawancara untuk top 40. "Nantinya akan disaring lagi menjadi 10 pelayanan publik terbaik se-Indonesia," ungkapnya. (gun/rek)

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia