Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Hukum & Kriminal Surabaya

Dilapori Korban, Dua Jambret ABG Disergap di Rumah

07 Juli 2018, 13: 11: 41 WIB | editor : Wijayanto

DIAMANKAN: Duo tersangka spesialis jambret HP, MR dan RA.

DIAMANKAN: Duo tersangka spesialis jambret HP, MR dan RA. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA – Dua ABG spesialis penjambret handphone (HP) di jalanan berhasil diringkus Unit Resmob Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Kamis ( 5/7). Keduanya adalah MR, 17, warga Jalan Tambak Asri Gang Teratai, Krembangan, Surabaya dan RA, 16, warga jalan Kalianak Barat, Morokrembangan, Krembangan, Surabaya.

Penangkapan kedua ABG ini bermula dari laporan Ferdinan,14, warga Jalan Sedayu V No.15, Morokrembangan, Krembangan, Surabaya yang mengalami aksi penjambretan di Jalan Sedayu, Surabaya.

“Saat itu korban sedang memeriksa pesan masuk di HP-nya ketika berhenti di pinggir jalan. Tiba-tiba HP merek Oppo milik korban dirampas oleh tersangka yang saat itu mengendarai sepeda motor bersama rekannya. Tersangka langsung kabur setelah berhasil merebut HP korban,” terang Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Tinton Yudha Riambodo, Jumat (6/7)

Karena tak mampu mengejar tersangka, korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Berbekal dari keterangan korban, polisi langsung bergerak melakukan pemantauan di sejumlah titik terkait gerak-gerik tersangka.

Kemudian polisi berhasil mendapatkan informasi MR yang sedang berada di rumahnya. Polisi langsung bergerak melakukan penangkapan terhadap MR.

Saat mengamankan MR dirumahnya, polisi mengamankan RA yang juga terduga kuat pelaku penjambretan dengan korban yang berbeda beberapa waktu sebelumnya. Kemudian kedua tersangka langsung digelandang ke Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak untuk penyelidikan lebih lanjut.

”MR adalah pelaku penjambretan di Jalan Sedayu dengan korban adalah Ferdinan. MR beraksi dengan JN (DPO/buron). Sementara AR adalah pelaku penjambretan terhadap korban Sipi Sinuhaji, 50, warga Jalan Asem 1, Asemrowo. Lokasi penjambretan di Jalan Asem Baru pada Febuari lalu. AR beraksi dengan IK (DPO),” beber Tinton.

Kini kedua tersangka diamankan di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak untuk menjalani proses penyelidikan. Sementara itu, polisi tengah mengejar dua rekan tersangka yang masih dalam pencarian.

Dari penangkapan kedua ABG tersebut, polisi menyita sejumlah barang bukti atas perbuatan tersangka. Di antaranaya satu buah Dosbook HP Oppo F3, satu buah Dosbook HP Oppo A83, dan uang sebesar Rp 100 ribu sisa penjualan HP hasil kejahatan tersangka.(son/no)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia