Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya
Rekapitulasi Suara Pilgub Jatim 2018 di KPU

Khofifah-Emil Kuasai18 Kecamatan di Surabaya

07 Juli 2018, 06: 10: 59 WIB | editor : Wijayanto

RESMI: Proses rekapitulasi suara pilgub Jatim di KPU Surabaya.

RESMI: Proses rekapitulasi suara pilgub Jatim di KPU Surabaya. (Suryanto/Radar Surabaya)

Share this      

SURABAYA - Rapat pleno rekapitulasi suara pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim di wilayah Surabaya akhirnya disahkan oleh KPU. Dalam rekapitulasi yang berlangsung sekitar 15 jam tersebut pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak unggul dibandingkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

       Khofifah-Emil Dardak memperoleh total suara 579.246. Sedangakan, pasangan Gus Ipul-Puti hanya mengantongi 560.848 suara saja. Selisih 18.398 suara. Pasangan nomor urut 1 unggul dio 18 kecamatan sedangkan Gus Ipul-Puti hanya di 13 kecamatan di Surabaya.

       Rekapitulasi yang diwarnai hujan interupsi dari saksi Gus Ipul-Puti tersebut juga tidak ditandatangi oleh saksi paslon nomor 2 tersebut. “Kami mengangap banyak kekeliruan dalam jumlah pemilih dan ada sejumlah ketentuan yang tidak tepat,” kata Sukadar.

       Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Surabaya tersebut mengungkapkan, ada sejumlah kejanggalan yang terjadi di beberapa TPS khususnya di Tambaksari. Perbedaan jumlah pemilih dengan absensi yang juga menjadi pertanyaan. “Menurut kami ada sejumlah hal yang harus jadi catatan dan kami sepakat tidak menandatangani hasil rekapitulasi tersebut.

       Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengatakan, hasil rekapitulasi telah selesai dilakukan dengan jumlah suara masing-masing paslon yang telah dihitung dalam rapat pleno. Sejumlah keberatan dari saksi paslon nomor 2 juga telah ditampung dan diurai permasalahannya. “Hasil dari rekapitulasi KPU akan kita serahkan ke KPU Provinsi,” ujarnya.

       Menurutnya, apapun keputusan dari saksi hasil rekapitulasi tersebut akan tetap diserahkan ke KPU Jatim. Dikarenakan, jadwal rekapitulasi di tingkat provinsi tersebut akan dilakukan pada Sabtu (7/7). “Kita sudah lakukan sesuai jadwal meski hingga 15 jam proses rekapitulasi tersebut,” pungkasnya.

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia