Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Pengguna Narkoba Mayoritas Usia Muda

06 Juli 2018, 12: 35: 57 WIB | editor : Aries Wahyudianto

Salah satu upaya pencegahan peredaran narkoba ke generasi muda dengan sosialisasi dan tes urine.

Salah satu upaya pencegahan peredaran narkoba ke generasi muda dengan sosialisasi dan tes urine. (Yudhi/Radar Gresik)

Share this      

Usai Lebaran, tren pengguna narkoba meningkat.  Itu terlihat dari jumlah pengguna narkoba yang diamankan BNN Gresik. Kepala Bidang Rehabilitasi BNN Gresik Basuki Risdiyanto mengatakan ada tujuh pengguna yang ditanggal usai Lebaran hingga sekarang.

“Mayoritas mereka berada di kos-kosan di wilayah Gresik selatan,” ujarnya. 

Dikatakan, ada alasan khusus mengapa banyak pengguna narkoba yang ditangkap usai Lebaran. Hal itu karena mereka memiliki uang yang berlebih. Masalahnya, mereka memanfaatkan uangnya itu dengan menggunakan membeli narkoba. Selain itu, pengedar merasa jika pengguna juga memiliki uang yang banyak.

Sedangkan untuk rata-rata pengguna narkoba yang diamankan berusia masih muda. “Rata rata usia 25 hingga 35 tahun,” kata dia. 

Basuki menambahkan perlu penanganan dan reaksi cepat guna menyelamatkan generasi muda. “Kondisi saat ini sudah sangat menghawatirkan, kalau tak cepat disikapi kita khawatir, akan ada lost generation," jelasnya. 

Kekhawatiran itu akan makin bertambah menyusul terungkapnya pelaku bersama barang bukti narkoba dalam jumlah besar usai Lebaran. Karena itu, BNN bersama forum masyarakat peduli nagari menginisiasi adanya gerakan bersama pemerintah dan babinsa.

“Upaya itu telah kita lakukan dengan mengumpulkan semua unsur dan warga nagari yang berasal dari TNI dan Polri untuk mendukung dan bersama-sama mensosialisasikan gerakan ini. Ini adalah langkah awal untuk gerakan selanjutnya,” terang Basuki. (han/jee)

(sb/han/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia