Kamis, 23 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

95 Startup Kuliner Ikuti Demoday Food Startup

30 Juni 2018, 15: 32: 03 WIB | editor : Wijayanto

KREATIF: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Demoday Food Startup Indonesia (FSI). FSI  untuk menghubungkan pengusaha rintisan kuliner Indonesia dengan sumber permodalan.

KREATIF: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Demoday Food Startup Indonesia (FSI). FSI untuk menghubungkan pengusaha rintisan kuliner Indonesia dengan sumber permodalan. (ISTIMEWA)

Share this      

SURABAYA  – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Demoday Food Startup Indonesia (FSI). FSI  sebagai platform yang dibentuk Bekraf untuk menghubungkan pengusaha rintisan (startup) kuliner Indonesia dengan sumber permodalan sekaligus membantu startup tergabung pada ekosistem kuliner.

Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo menuturkan, Bekraf bertujuan meningkatkan akses permodalan sekaligus kapasitas startup kuliner Indonesia pada demoday FSI tersebut. Bekraf menghadirkan mentor untuk memberikan saran pitchdeck yang menarik minat investor sekaligus anjuran peningkatan kualitas produk kuliner.

“Kami juga mengundang investor yang tertarik mendanai sub sektor kuliner pada demoday FSI ini tersebut,” terangnya.

Fajar mengungkap, tahun ini tercatat 337 startup kuliner dari 113 kota di Indonesia mendaftar demoday melalui platform www.foodstartupindonesia.com. Menurutnya, kurator menilai beberapa point utama pada pitchdeck, presentasi pendaftar, antara lain startup kuliner terpilih membutuhkan investasi, mempunyai produk yang sudah terjual, dan mempunyai rekam jejak yang baik.

“Bekraf memilih 95 startup kuliner dari 337 pendaftar untuk mengikuti rangkaian acara demoday. Mereka berkesempatan meningkatkan network, mendapatkan mentoring dari ahli kuliner dan pendukung ekosistem kuliner Indonesia, serta menarik minat investor melalui pitching. Ada 30 investor dan 30 mentor menghadiri acara ini,” tuturnya.

Fajar menjelaskan, 95 startup kuliner terpilih akan mengenalkan produknya kepada investor, mentor, sekaligus khalayak ramai pada Kreatifood Expo pada 27- 29 Juli di Ciputra World Surabaya. Mereka juga mendapat mentoring pada 30 Juli sampai dengan 1 Agustus  di Hotel Ciputra Surabaya.

Fajar menyatakan, para mentor akan memberikan saran untuk kualitas produk sekaligus pitchdeck yang menarik untuk mendapatkan investasi. Nantinya, 30 startup dari 95 startup kuliner tersebut berkesempatan pitching di hadapan investor pada tanggal 1 Agustus.

“Selama pitching, para startup meyakinkan investor bahwa produk mereka layak didanai. Tiga startup kuliner terbaik akan mendapatkan fasilitas lebih lanjut dari Bekraf, antara lain keutamaan mendapatkan Bantuan Insentif Pemerintah serta pendukungan pameran di dalam dan luar negeri,” jelasnya.

Para startup kuliner yang tergabung pada FSI 2018 ini diharapkan mampu menggunakan peluang demoday untuk meningkatkan network dan kualitas produk mereka sekaligus mendapatkan investor. (cin/rud)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia