Senin, 19 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik

Siapkan Dua TPS untuk 440 Napi di Sidoarjo

Kamis, 28 Jun 2018 06:10 | editor : Lambertus Hurek

Kapolres Sidoarjo Kombespol Himawan meninjau TPS di Lapas Sidoarjo.

Kapolres Sidoarjo Kombespol Himawan meninjau TPS di Lapas Sidoarjo. (Guntur Irianto/Radar Sidoarjo)

Pemilihan Gubernur Jawa (Pilgub) Timur berlangsung serentak hari ini. Distribusi logistik sudah dilakukan ke desa-desa di Kabupaten Sidoarjo. Termasuk di kampung pelosok Kepetingan, Buduran, dan Pucukan, Gebang, Sidoarjo.

Distribusi logistik di Desa Kedungcangkring, Kecamatan Jabon, juga tidak ada masalah. Desa yang dekat dengan Kabupaten Pasuruan ini menjadi sorotan karena Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi bakal menyalurkan hak suaranya di TPS 002 dengan nomor urut 360. Menteri yang juga politisi PKB itu memang sejak kecil tinggal di Kedungcangkring.

Kotak suara pilgub kemarin diterima oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Kedungcangkring  dengan kawalan ketat aparat gabungan TNI, Polri, Pol PP, serta Linmas. Desa ini mendapat tujuh kotak suara. Kondisi kotak suara masih dalam keadaan tersegel berlogo Komisi Pemilihan Umum (KPU). Logistik pilgub tersebut kemudian diamankan di dalam ruangan yang dijaga ketat oleh aparat gabungan. 

"Di sini ada tujuh TPS. Salah satu TPS, yaitu TPS 002 tercatat nama Menpora Imam Nahrawi akan menyalurkan hak suaranya. Kemudian disusul nomor urut 361 istri beliau atas nama Shobibah Rohmah," kata Kepala Desa Kedungcangkring, Zainudin Fanani.  

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 002 ini berjumlah 363 hak suara. "Namun, ada tiga orang tidak bisa menyalurkan hak suaranya karena baru saja meninggal dunia," ujarnya. 

Sementara itu, total TPS seluruh Kecamatan Jabon sebanyak 82 TPS. DPT di Kecamatan Jabon tahun ini menurun dengan total 37 ribu orang jika dibandingkan tahun sebelumnya yang masih 46 ribu orang. "Menurunnya pemilih di Kecamatan Jabon karena banyak warga korban lumpur di tiga desa, yakni Desa Besuki, Pajarakan, dan Kedungcangkring telah pindah tempat," ujar Ketua PPK Jabon, Ali Mursyid.

KAPOLRESTA SIDAK LAPAS 

Antisipasi pengamanan selama penyelenggaraan pilkada dilakukan oleh Polresta Sidoarjo. Pengecekan dilaksanakan di setiap tempat pemungutan suara (TPS) pada H-1 hingga pencoblosan dan pascapemungutan suara. Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji kemarin mengunjungi TPS 23 dan 24 Kelurahan Magersari, yang berada di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-A Sidoarjo. Nuansa Piala Dunia sangat terasa di kompleks lapas. 

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji sempat melihat beberapa bendera dan ornamen Piala Dunia seperti bola dan bendera negara peserta yang digantung di TPS. Pihak lapas siap untuk melaksanakan pilgub. "Menarik dan bagus untuk menarik minat para pemilih yang semuanya warga binaan," katanya.

Himawan menambahkan, anggotanya sudah dipersiapkan untuk melakukan pengamanan dibantu oleh TNI dan linmas baik di Sidoarjo, Medaeng, dan Porong. Selain itu, pihak lapas juga sudah menyiapkan petugasnya untuk melakukan pengamanan selama proses pemungutan suara yang dilaksanakan hari ini (27/6). "Kami tetap tempatkan anggota di sini (lapas). Namun, juga dibantu oleh petugas lapas tentunya," jelasnya.

Tidak hanya lapas. Penghuni ruang tahanan Polresta Sidoarjo yang memiliki hak suara juga tetap bisa menggunakannya. Polisi sudah menyiapkan mobil TPS keliling untuk memberikan hak untuk memilih gubernur pada para tahanan. "Mobil ini akan keliling baik di polresta maupun polsek-polsek," terangnya.

Kepolisian juga memantau beberapa TPS di Sidoarjo selain di lingkungan lapas. Mulai dari TPS Magersari, Bluru Kidul, dan Wadungasih. Pihaknya melihat hampir seluruh TPS sudah siap. Bahkan, penyaluran logistik dan surat suara juga sudah mulai disebar sore ini.

"Sementara ini tidak ada kendala dan semua berjalan dengan aman dan lancar. Begitu juga dengan pengiriman kertas suara," katanya.

Kalapas Sidoarjo Jumadi mengatakan, pemilihan tema Piala Dunia 2018 untuk menarik minat warga binaan agar mau menggunakan hak suaranya. Sekitar 440 warga binaan yang akan menggunakan hak suaranya disediakan dua TPS. Mereka sudah terdaftar di DPT. "Kami beri kesempatan menggunakan hak pilih mulai pukul 07.00," katanya. (mus/gun)

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia