Rabu, 15 Aug 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya

Rejuvenation Laser, Treatment Ampuh Hilangkan Flek di Wajah

Rabu, 27 Jun 2018 09:00 | editor : Abdul Rozack

AGAR KEMBALI MULUS: Ahli kecantikan dr Ellen Sidowati (kanan), menghilangkan flek hitam pada wajah Yosita dengan menggunakan teknik laser, Selasa (26/

AGAR KEMBALI MULUS: Ahli kecantikan dr Ellen Sidowati (kanan), menghilangkan flek hitam pada wajah Yosita dengan menggunakan teknik laser, Selasa (26/6). (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

SURABAYA - Bintik hitam pada wajah atau yang biasa kita kenal dengan flek banyak sekali macamnya. Ada flek yang disebabkan oleh faktor genetik, perubahan hormon, paparan sinar matahari, polusi udara maupun kosmetik. Flek hitam sebenarnya tidak berbahaya, namun pada sebagian orang, keberadaan flek ini sangat menggangu karena bisa mengurangi rasa percaya diri.

Flek hitam bisa muncul di beberapa lapisan kulit. Jika flek ini masih terjadi pada lapisan kulit luar, penghilangan dengan krim bisa dilakukan. Namun, apabila flek itu sudah masuk di lapisan kulit yang lebih dalam atau dermis, biasanya flek ini susah dihilangkan. 

Salah satu contohnya adalah flek berwarna coklat keabu-abuan di sekitar pipi atau dalam bahas ilmiahnya hori’s nevus. Flek ini timbul karena masalah genetik dan perubahan hormonal. Untuk menghilangkan flek ini, treatment dari krim saja tidak cukup. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan laser. 

“Perlu penanganan dengan menggunakan laser beberapa kali untuk menyamarkan warnanya,” ujar dr. Ellen Sidowati, Sp.KK, dermatology & aestetic consultant salah satu klinik kecantikan di kawasan Surabaya Barat, Selasa (26/6). 

Dibutuhkan beberapa kali treatment agar flek ini bisa memudar. Lama treatment masing-masing pasien berbeda, tergantung respon dan kedalaman pigmen yang ada. Salah satu laser treatment untuk menangani masalah ini adalah rejuvenation laser. 

“Dalam sekali treatment dibutuhkan 10 hingga 15 menit, setelah penanganan pasti ada bekasnya sehari dua hari, namun nanti akan memudar sendiri,” terang Ellen. 

Setelah penggunaan laser, sebaiknya pasien tidak mengenakan makeup, tapi krim malam yang mengandung tretinoid. Penggunaan sunblock dan pelembab sangat diperlukan agar dapat mengurangi paparan langsung sinar matahari ke kulit. “Apalagi kita tinggal di kota Surabaya yang panas dan rentan terpapar polusi,” tukasnya. (is/nur)

(sb/is/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia