Selasa, 16 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Buka Perekaman e-KTP Hingga Hari H Pilgub

24 Juni 2018, 21: 52: 12 WIB | editor : Lambertus Hurek

Masih banyak warga Sidoarjo yang belum punya e-KTP.

Masih banyak warga Sidoarjo yang belum punya e-KTP. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur akan berlangsung empat hari lagi. Pemkab Sidoarjo terus melakukan sejumlah persiapan. Terutama dalam mempercepat perekaman e-KTP. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) akan menggelar perekaman di hari libur dan bahkan saat hari pencoblosan. 

Kepala Dispendukcapil Sidoarjo Medi Yulianto mengatakan, kegiatan tersebut dibuka untuk memfasilitasi warga yang belum rekam. Terutama bagi warga pendatang dan wajib KTP pemula. 

Sesuai data yang dihimpun, jumlah warga pindah datang setiap bulan mencapai 2 ribu hingga 3 ribu penduduk. “Banyak yang belum rekam e-KTP,” katanya.

 Warga pendatang tersebut mayoritas merupakan pekerja industri. Mereka tinggal di dekat pabrik. Seperti di Kecamatan Waru, Taman, Buduran, serta Sidoarjo. Selain itu warga yang tinggal di perumahan namun kerja di Surabaya.

Selain pendatang, angka wajib KTP pemula juga cukup tinggi. Jumlahnya mencapai 400 ribu. Medi menjelaskan, wajib KTP pemula merupakan siswa sekolah atau warga yang usianya sudah mencapai 17 tahun. Sesuai dengan regulasi, warga tersebut harus mendapatkan e-KTP. 

Hari ini, perekaman tersebut berjalan. Pelayanan dibuka di kantor Dispendukcapil. Mulai pukul 08.00 hingga 13.00. Sedangkan perekaman di hari H pencoblosan dimulai dari pukul 08.00 sampai 12.30. 

Warga yang melakukan perekaman langsung mendapatkan surat keterangan (suket). Berbekal suket, warga bisa ikut mencoblos. “Suket pengganti sementara e-KTP. Bisa digunakan untuk nyoblos,” pungkasnya. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia