Sabtu, 14 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo
Terkait Pembangunan RSUD Sidoarjo Barat

Dewan Bahas Surat Bupati Sidoarjo

24 Juni 2018, 21: 49: 07 WIB | editor : Lambertus Hurek

Lahan yang bakal dibangun RSUD Sidoarjo Barat.

Lahan yang bakal dibangun RSUD Sidoarjo Barat. (DOK)

Share this      

Keinginan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah untuk membangun RSUD Sidoarjo Barat dengan menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) sangat kuat. Bupati yang akrab disapa Abah Ipul ini mengirim surat kepada DPRD Sidoarjo pada pertengahan Juni 2018.

"Surat itu sudah masuk ke meja saya. Karena surat itu yang mengajukan Bupati secara resmi, maka harus dibahas dewan," jelas Ketua DPRD Sidoarjo, Sullamul Hadi Nurmawan.

Secara pribadi, pria yang akrab disapa Gus Wawan ini lebih setuju dengan skema KPBU karena dinilai sangat menguntungkan. Menurut dia, pembangunan RSUD di kawasan Krian itu tanpa mengeluarkan anggaran sama sekali. Pendanaan dibantu PT SMI dan Kementerian Keuangan. 

"Maka dari itu, kami (dewan) akan melakukan pembahasan bersama. Pada dasarnya kami sangat setuju pembangunan RSUD tersebut, hanya saja berbeda pemahaman tentang pembiayaannya," paparnya.

Menurut dia, lahan untuk pembangunan RSUD Barat merupakan milik Pemkab Sidoarjo. Namun, semua proses pembiayaannya dibantu SMI. Kalau skema KPBU tidak diambil, maka akan diambil daerah lainnya. "Sebab, beberapa daerah banyak yang berharap membangun RSUD dengan sistem KPBU," imbuhnya.

Gus Wawan berharap semua anggota dewan bisa menerima pengajuan surat dari Bupati Sidoarjo agar pembangunan RSUD Barat segera terealisasi. "APBD Sidoarjo memang cukup besar, tapi kebutuhannya juga cukup banyak. Seperti frontage road, penanggulangan banjir dan lainnya," kata Wawan. (mus/rek)

(sb/mus/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia