Minggu, 19 Aug 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Marzuqi

Kemampuan Guru Menulis Masih Minim

Sabtu, 23 Jun 2018 11:37 | editor : Aries Wahyudianto

Marzuqi

Marzuqi (HANY AKASAH/RADAR GRESIK)

KOTA-Ikatan Guru Indonesia (IGI) Gresik mendorong guru di Gresik untuk menulis karya ilmiah maupun opini populer. Selain sudah menjadi tuntutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mewajibkan guru menulis karya ilmiah, opini populer diyakini mampu meningkatkan kemampuan untuk melihat persoalan masyarakat yang dikaitkan dengan perkembangan ilmu dan teknologi.

Ketua IGI Jatim, Marzuqi mengatakan jumlah guru di Gresik yang memiliki potensi menulis secara ilmiah maupun populer masih sedikit. “Memang butuh sosialisasi dan pendampingan. Menulis sistem karya ilmiah maupun opini populer harus terus diasah,” katanya.

Dalam menulis karya ilmiah, lanjut Marzuqi, guru harus menghadapi satu problem masalah yang kemudian dikaitkan dengan teori yang dikaji. Konsep pragmatik yakni membaca persoalan diharapkan bisa menjadi solusi dalam proses pembelajaran yang baru. “Harus diasah secara intensif, kalau tidak maka kemampuan guru masih minim,” kata dia.

Koordinator Penulis Guru Jatim, Prof Suyatno mengatakan kurangnya banyaknya guru yang belum bisa mengembangkan kemampuan menulisnya karena mereka masih tidak mengerti cara mengambil angle permasalahan. “Sebenarnya cukup banyak kasus yang bisa ditulis, namun mereka bingung mengambil dan merepresentasikan tulisan yang dimaksud,” kata Suyatno.

Untuk itu, tambah profesor pendidikan bahasa Indonesia itu, guru harus diajarkan konsep penulisan kritis dan mendalam. “Harus fokus. Misalnya, fokus tumbuh kembang anak autis , maka guru langsung mencari konsep teori dan langsung ditulis saja,” lanjutnya.

Namun, tidak semua guru berani mengambil keputusan menulis. Kadang mereka ragu dan tidak percaya diri dengan kemampuannya.  “Butuh pendampingan khusus, sehingga mereka bisa terus mengembangkan kemampuannya,” pungkasnya. (han/jee)

(sb/han/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia