Minggu, 19 Aug 2018
radarsurabaya
icon featured
Sportainment

Hadapi Swedia, Der Panzer Harus Menang atau Menangis

Sabtu, 23 Jun 2018 10:52 | editor : Wijayanto

Manuel Nuer, kipet Timnas Jerman

Manuel Nuer, kipet Timnas Jerman (NET)

Sochi – Der Panzer Jerman akan menghadapi laga hidup mati saat lawan Swedia pada laga kedua Piala Dunia grup F, Minggu (24/6) dini hari WIB di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Sochi. Jika kalah lagi maka tamat sudah kiprah Jerman di Rusia.

Berstatus sebagai juara bertahan, Jerman malah terpeleset di laga pembuka Piala Dunia 2018. Mereka secara mengejutkan ditumbangkan wakil Amerika Utara, Meksiko dengan skor tipis 1-0. Kekalahan itu membuat Jerman berada di posisi yang sulit. Mereka harus mendulang poin penuh di sisa dua pertandingan melawan Swedia dan Korea Selatan.

Pada laga melawan Swedia, Der Panzer dipastikan akan tampil full team. Jonas Hector yang absen karena sakti flu dikabarkan sudah siap untuk beraksi di Sochi nanti.

Kiper Jerman sekaligus kapten tim, Manuel Neuer, menyadari situasi genting yang dihadapi timnya dan merasa perlu ada perbaikan dibandingkan saat menghadapi Meksiko. Tapi, di mata penjaga gawang Bayern Munich itu, Jerman tidak perlu melakukan pergantian pemain dari skuad yang mentas pada laga pertama.

"Semua pertandingan sekarang seperti final. Kami yakin bisa melakukannya," ujar Neuer seperti dikutip BBC.  "Sekarang menjadi tanggung jawab kami untuk bereaksi. Kami tahu pemain yang berada di atas lapangan bisa memberikan yang terbaik dan mengambil tanggung jawab ini."

"Jadi, menurut saya, ini bukan soal mengganti pemain, tapi soal kesiapan menjalani turnamen ini dengan kondisi 100 persen. Kini kami harus menunjukkan apa yang membuat kami menjadi tim kuat pada masa lalu."

"Keberanian, identitas dan kepercayaan diri menghilang saat melawan Meksiko, tapi saya yakin tim bisa memperlihatkan wajah yang berbeda saat menghadapi Swedia." tambahnya. Senada dengan sang kapten, striker Timo Werner berjanji akan tampil lebih beringas lagi saat menghadapi Swedia.

“Lebih baik kalah di laga pertama daripada di laga keempat atau kelima. Sekarang, yang harus kami tampil luar demi memenangkan pertandingan selanjutnya melawan Swedia,” tegas  ujung tombak RB Leipzig tersebut.

Sementara di sisi lawan, Swedia juga harus ekstra waspada dengan ambisi Jerman. Meskipun menang atas Korea Selatan penampilan Marcus Berg dan kawan-kawan belum istimewa. Apalagi saat menumbangkan Korsel mereka dibantu dengan VAR.

Dari catatan pertemuan kedua tim, mereka telah bertanding sebanyak 22 kali dengan 10 kemenangan dikantongi oleh Jerman, sementara Swedia hanya mampu mengoleksi delapan kemenangan.

Jerman dipastikan akan frontal di laga ini untuk mencari kemenangan. Namun Swedia bisa memanfaatkan cara seperti Meksiko, yaitu memanfaatkan serangan balik. Namun ambisi besar sang juara bertahan dan kualitas materi pemain, membuat Der Panzer  berpotensi tetap bisa memetik kemenangan.(bbc/sky/rak)

Prediksi Susunan Pemain

Jerman: 4-2-3-1

Neuer (g);  Kimmich, Boateng, Hummels, Hector (belakang); Khedira, Kroos, Mueller, Oezil, Draxler (tengah), Werner (depan).

Swedia: (4-4-2)

Robin Olsen (g); Andreas Granqvist, Mikael Lustig, Pontus Jansson, Ludwig Augustinsson (belakang); Sebastian Larsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg, Viktor Claesson (tengah); Marcus Berg, Ola Toivonen (depan).

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia