Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

KPU Jatim Kirim Logistik Lewat Udara

Untuk Kepulauan Jika Jadwal Kapal Tertunda

21 Juni 2018, 16: 44: 48 WIB | editor : Wijayanto

SEGERA DISTRIBUSI: Salah satu contoh surat suara untuk Pilgub Jatim. KPU Jatim mentargetkan pendistribusian surat suara sesuai jadwal.

SEGERA DISTRIBUSI: Salah satu contoh surat suara untuk Pilgub Jatim. KPU Jatim mentargetkan pendistribusian surat suara sesuai jadwal. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Setelah mengalami penundaan pengiriman logistik Pilgub Jatim 2018 ke wilayah kepulauan. KPU Jatim bersiap mengirimnya melalui udara, seandainya dalam dua hari kedepan jadwal keberangkatan kapal tertunda terus.

Anggota KPU Jatin Divisi Umum, Keuangan, dan Logistik, Dewinta Hayu Shinta mengatakan, berdasar jadwal kapal tujuan Masalembu akan diberangkatkan, Selasa (19/6) pada pukul 14.00 siang melalui Pelabuhan Tanjung Perak, dan kapal tujuan Bawean diberangkatkan dari Gresik. Karena cuaca buruk maka pengiriman ditunda.

"Kita masih nunggu dulu sampai kondisi membaik. Untuk tujuan Bawean itu ada jadwal keberangkatan kapal pada hari Jumat. Jika masih dalam kondisi buruk kita akan lakukan langkah antisipasi," ujar Sishin, sapaan akrabnya, Rabu (20/6).

Antisipasi yang telah disiapkan oleh KPU Jatim yakni dengan menggandeng TNI dalam pengiriman ke pulauan. “Kami akan lihat perkembangan dalam dua hari kedepan apabila ada kondisi betul-betul tidak bisa diprediksi, kita akan bekerjasama dengan TNI untuk pengirimnya lewat udara,” jelasnya. 

Diakuinya, pemberangkatan dengan tujuan ke puluan tersebut menjadi prioritas KPU, karena letak pulau yang jauh dari ibukota daerahnya. Seperti ke Masalembu yang membutuhkan waktu 17 jam. Tercatat, untuk wilayah Pulau Masalembu terdapat 67 TPS.

Sementara itu, terkait progres distribusi logistik Pilgub untuk wilayah lainnya di Jatim, dia menambahkan untuk proses pendistribusian H - 8 ini sudah berada di KPU kabupaten/kota, bahkan juga ada di tingkat kecamatan untuk daerah yang jaraknya jauh. Pihaknya pun menggandeng kepolisian guna mengawal distribusi logistik hingga sampai di TPS.

"Sesuai alur pengiriman logistik ini H - 6 sudah ada di tingkat kecamatan, kemudian H - 3 akan berada di tingkat desa/kelurahan, dan H - 1 berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS)," tandasnya.

(sb/bae/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia