Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Lebaran Ketupat, RPH Jamin Harga Daging Sapi Tetap Stabil

21 Juni 2018, 16: 08: 10 WIB | editor : Wijayanto

STOK AMAN: Penjual menata daging di lapak miliknya di Pasar Pegirian, Surabaya.

STOK AMAN: Penjual menata daging di lapak miliknya di Pasar Pegirian, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA – Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD RPH) Surya menjamin ketersediaan dan harga daging sapi pasca Lebaran aman dan stabil. Bahkan, pihaknya juga mengklaim ketersedian dan harga daging sapi tetap terjamin hingga Lebaran Ketupat nanti.

Direktur Utama Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Surya Teguh Prihandoko mengatakan, hal tersebut dipicu oleh permintaan konsumen yang menginginkan daging sapi segar. Teguh mengaku, hal tersebut membuat pihaknya hanya akan memotong sapi sesuai dengan kebutuhan penjual daging di pasar. Sehingga ketersediaan sapi untuk dipotong masih sangat aman meski permintaan akan mulai meningkat hingga Lebaran Ketupat. “Karena di Surabaya utamanya orang butuhnya daging segar, jadi daging masih tetap tersedia sampai saat ini. Kemarin kan pegadang masih pulang mudik, jadi penjualan sempat berkurang. Jadi jika pedagang tidak ada permintaan RPH juga tidak akan memotong,” terangnya.

Teguh menyatakan, RPH mulai membuka pemotongan sejak hari Senin (18/6) dengan jumlah 36 ekor sapi yang dipotong. Kemudian di hari Selasa (19/6) jumlah sapi yang dipotong bertambah menjadi 71 ekor, dan hari ini (20/6) jumlah sapi yang dipotong bertambah menjadi 112 ekor .

Teguh mengklaim, jumlah tersebut akan terus meningkat hingga tiba Lebaran Ketupat nanti. Menurutnya, pemotongan sapi di RPH pada hari-hari biasanya biasanya mencapai 150 ekor sapi.  Bahkan, lanjut dia, pada bulan Ramadhan yang lalu pemotongan sempat mencapai sekitar 250 ekor sapi perhari.

“Sebagian pedagang daging sapi mulai berjualan. Dan ampai dengan bodo kupatan akan mengalami kenaikan jumlah pemotongan secara signifikan dan kembali normal setelah itu,” terangnya.

Selain itu, Teguh memastikan harga daging sapi sebelum puasa sampai dengan Lebaran Ketupat nanti tetap stabil. Teguh menyebut, harga daging sapi di pasar ada pada kisaran harga Rp 110.000 – Rp 120.000 untuk daging sapi kelas 1, kisaran harga Rp 100.000 – Rp 110.000 untuk daging sapi kelas 2, dan kisaran harga Rp 90.000 – Rp 100.000 untuk daging sapi kelas 3. “Kebetulan juga kami mengikuti satgas pangan bersama Kapolrestabes sehingga dapat memonitor semuanya,” imbuhnya. (cin/rud)

(sb/cin/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia