Jumat, 06 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Satpol PP Libur, PKL Menjamur

20 Juni 2018, 07: 30: 40 WIB | editor : Lambertus Hurek

Para PKL bebas berjualan di jalan protokol saat libur Lebaran.

Para PKL bebas berjualan di jalan protokol saat libur Lebaran. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

Aparatur sipil negara (ASN) baru akan kembali berdinas pada Kamis (21/6) mendatang. Termasuk satuan Polisi Pamong Praja. Tak heran, liburnya Satpol PP dimanfaatkan sebagian pedagang kaki lima (PKL) untuk menggelar dagangan di pusat kota. 

Tenda-tenda makanan milik PKL terlihat di Jalan Ahmad Yani, sebelah timur Alun-Alun Sidoarjo dan Jalan Sultan Agung, depan kantor Kejari Sidoarjo. Hal ini mejadi pemandangan rutin setiap tahun saat Satpol PP sebagai penegak perda menikmati libur panjang Lebaran. Para PKL pun merasa bebas mendirikan tenda di jantung kota tanpa takut diobrak. 

Sementara itu, Kepala Satpol Polisi Pamonngpraja Sidoarjo Widiyantoro Basuki mengatakan, pihaknya terus memantau para PKL di Kota Delta, khususnya 

Jalan Gajah Mada dan sekitarnya. Pedagang tidak boleh berjualan di sisi barat. "Agar tidak mengganggu arus kendaraan," katanya.

Sedangkan di sisi timur, pihaknya masih memperbolehkan pedagang untuk berjualan. Pria yang akrab disapa Wiwit tersebut mengaku terpaksa mengambil kebijakan tersebut. Sebab hingga saat ini belum ada lahan kosong yang bisa digunakan untuk PKL berjualan. Apalagi kegiatan ini sudah berlangsung setiap tahun. 

Meski diperbolehkan berjualan, pedagang tidak boleh menutup trotoar. Sebab, jalur itu merupakan hak dari pejalan kaki. Setelah Lebaran, Wiwit berjanji seluruh PKL di tengah kota akan ditata. "Kami masukkan ke Sentra PKL Gajah Mada," katanya. (sat/rek)

(sb/sat/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia