Minggu, 16 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Gresik

Harus Dikonsep dan Bernilai Jual Tinggi

13 Juni 2018, 10: 06: 20 WIB | editor : Aries Wahyudianto

Nastiti Retno

Nastiti Retno (Esti/Radar Gresik)

MENDAUR ulang tak hanya memanfaatkan limbah dan menjadikannya kerajinan. Bagi Nastiti, produsen home decor dan perajin Do It Yourself (DIY), daur ulang harus mengkonsep dan menjadikan barang tak berharga memiliki nilai jual tinggi. Yakni, menjadikan barang tersebut dengan tampilan yang lebih berkelas.

“Semua ini karena bermula dari saya yang suka beli-beli  home decor yang lucu, dan harganya mahal,” tutur perempuan asal GKA ini.

Menurutnya, ia sering memperhatikan barang-barang tak berguna di sekitarnya. Mulai dari tong bekas, limbah kayu, hingga botol bekas ia kumpulkan. Namun sebelumnya, ia memperhatikan benda-benda yang sudah terkumpul dan kemudian mencari referensi.

“Kalau sudah ada konsepnya, satu hari bisa menghasilkan satu produk,” urai pemilik Galeri Blossom Corner ini.

Sudah menjalani hobi yang menghasilkan ini selama satu tahun, akhirnya Uti, sapaan akrabnya ini mengajak banyak kawan untuk ikut kreatif. Yakni, menjadikan barang daur ulang menjadi lebih berkelas. ”Lebih senang lagi karena kegiatan ini didukung oleh suami, mulai dari produksi dan dukungan moril. Sehingga bisnis dan hobi jalan beriringan,” ungkap dia.

Ia menambahkan, kini ia meningkatkan kemampuannya berkreasi dengan tergabung dalam berbagai seminar. Bahkan, ia bersama komunitas Do It Yourself (DIY) di Gresik membuat mini class. “Dari situ bisa berbagi ide dan akhirnya banyak produk kreatif yang dihasilkan,” imbuh dia. (est/jee)

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia