Kamis, 18 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Persona Surabaya
M Thorieq, Ketua PBSI Sidoarjo

Keberhasilan Ketua Ditentukan Prestasi Atlet

Minggu, 10 Jun 2018 15:45 | editor : Abdul Rozack

M Thorieq, Ketua PBSI Sidoarjo

M Thorieq, Ketua PBSI Sidoarjo (MOCH KHAESAR J.U/RADAR SURABAYA)

Prestasi bulu tangkis Kabupaten Sidoarjo saat ini mulai merangsek naik. Sejumlah prestasi, baik tingkat provinsi maupun nasional, mampu dicetak atlet-atlet Kota Udang. Prestasi itu tak lepas dari sosok M Thorieq. Dia lah yang memandegani Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sidoarjo. Bagaimana ia memajukan olahraga tepok bulu di kabupaten yang dipimpin Syaiful Ilah itu? Berikut petikan wawancara wartawan Radar Sidoarjo Moch Khaesar Januar Utomo dengan ketua umum PBSI Sidoarjo itu.

Selamat pagi, Pak?

Selamat pagi, Mas. Mari silahkan masuk, Mas.

Sibuk keliatannya, Pak?

Ya lumayan lah. Saat ini saya masih terus memantau atlet yang kami miliki untuk berlaga di kejuaraan nasional, dan persiapan Pekan Olahraga Provinsi 2019 nanti.

Sampai saat ini persiapan pebulu tangkis Sidoarjo seperti apa, Pak?

Kita fokus untuk latihan dan memperoleh prestasi yang bagus yang mampu mengangkat nama Sidoarjo di Jatim maupun nasional. Karena memang saat ini bulu tangkis Sidoarjo mulai menunjukkan prestasi yang cukup baik. Sudah beberapa kejuaraan kita kantongi. 

Selama Bapak menjadi ketua umum PBSI Sidoarjo, mulai terlihat prestasi bulu tangkis atlet-atlet Sidoarjo. Apa rahasianya, Pak?

Tidak ada rahasia apa apa. Cuman saya memotivasi semua atlet yang ada untuk memberikan penampilan terbaik mereka di setiap even atau kejuaraan yang ada. Yang ternyata hasilnya prestasi anak anak cukup baik. Ini yang membuat saya bangga dan merasa lega memegang jabatan menjadi ketua umum PBSI Sidoarjo ini.

Apa sih, Pak, kesulitan menjadi ketua umum PBSI Sidoarjo?

Sangat berat untuk membawa amanat menjadi ketua umum PBSI Sidoarjo ini. Karena kita dipacu untuk bisa berprestasi. Karena keberhasilan ketua umum ditentukan prestasi setiap atlet yang dimiliki. Jadi, ini yang membuat saya sedikit ragu. Sampai di sini prestasi atlet Sidoarjo mulai menunjukkan prestasi yang cukup bagus. Semoga prestasi ke depan terus bertambah. Tidak hanya berhenti di sini saja. 

Di Porprov 2019 nanti, Sidoarjo ditarget berapa medali emas?

Kami ditarget dua  emas. Semoga ini bisa terwujud dengan prestasi yang cukup baik saat ini. Namun, saya juga sudah berpesan ke anak- anak untuk tidak mudah berpuas diri dengan prestasi yang didapatkan saat ini. Agar ke depan prestasinya terus meningkat. Seorang atlet yang baik tidak boleh berpuas diri.

Apa yang membuat Bapak cinta dengan bulu tangkis?

Saya sejak kecil sudah cinta bulu tangkis dan bola. Namun, bulu tangkis itu saya suka karena memang olahraga yang sangat merakyat. Selain itu selalu ramai dan seru. Itu yang membuat saya jatuh cinta dengan olaharaga ini.

Informasinya Bapak sempat mengurusi sepak bola sebelum menjadi ketua umum PBSI Sidoarjo. Benarkah informasi yang kami terima itu?

Betul. Saya pernah menjadi pengurus sepak bola. Namun, rasa cinta saya sama bulu tangkis membuat saya akhirnya kembali ke olahraga ini. Karena memang saya sudah kadung cinta dengan olahraga ini.

Untuk saat ini, kondisi secara umum bulu tangkis di Sidoarjo seperti apa?

Alhamdulillah saat ini prestasi bulu tangkis Sidoarjo mulai menunjukkan prestasi yang cukup baik. Baik itu prestasi di Jatim maupun nasional. Tapi, kami tidak berpuas diri. Kami terus berusaha untuk memperoleh prestasi yang lebih baik lagi.

Antusiasme masyarakat Sidoarjo dengan olahraga bulu tangkis seperti apa?

Bulu tangkis sendiri merupakan salah satu olahraga yang merakyat yang memang banyak yang senang. Sehingga saat di Sidoarjo ada even bulu tangkis, selalu ramai. Selalu dibanjiri penonton. Hal ini yang membuat saya bangga.

Sedangkan untuk atlet seperti apa, Pak?

Sidoarjo merupakan salah satu barometer baru atlet berprestasi di Jawa Timur. Jadi, memang cukup banyak atlet bulu tangkis di Sidoarjo yang memiliki potensi yang cukup baik.

Dengan prestasi yang cukup baik ini, apa yang akan dilakukan selanjutnya?

Saya fokus untuk mengembangkan dan mencari bibit atlet bulu tangkis yang terbaik di Sidoarjo yang nantinya menjadi atlet yang membanggakan untuk kabupaten Sidoarjo ini. (*/opi)

(sb/sar/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia