Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Personel Patwal Satlantas Polres Gresik

Refleks Ingin Menolong, Ternyata Masih Pakai Sandal Jepit

Briptu Fendy Tridarna

06 Juni 2018, 15: 20: 00 WIB | editor : Aries Wahyudianto

PEDULI SESAMA: Briptu Fendy Tridarna, personel Satlantas Polres Gresik dibantu seorang pengguna jalan lainnya (berhijab) membantu penyeberang jalan yang menggunakan kursi roda.

PEDULI SESAMA: Briptu Fendy Tridarna, personel Satlantas Polres Gresik dibantu seorang pengguna jalan lainnya (berhijab) membantu penyeberang jalan yang menggunakan kursi roda. (Yudhi/Radar Gresik)

Share this      

Tindakan Briptu Fendy Tridarna ini perlu dicontoh. Ia turun jalan begitu mengetahui ada seorang pria yang menggunakan kursi roda hendak menyeberang. Ia kemudian juga mengantarkan pria itu menggunakan mobil patrol.

PERSONEL Patwal Satlantas Polres Gresik ini tiba-tiba berlari dari pos lantas 9.0 Gresik Kota Baru (GKB). Ia kemudian mendorong kursi roda pria itu, dibantu seorang wanita yang sama-sama ingin menolong pria yang sama. Wanita yang tidak ingin namanya disebutkan ini kebetulan juga turun dari mobil begitu mengetahui ada pria memakai kursi roda itu.

Saat itu, Fendy Tridarna ternyata masih memakai sandal jepit. Kebetulan ia baru keluar dari kamar mandi. Ketika itu ia sedang bertugas di pos 90 Satlantas Randu Agung Gresik, tepatnya di bundaran perumahan GKB.

“Menolong sesama sudah ditanamkan oleh orang tua saya sejak kecil. Apalagi saat ini bulan Ramadan," ungkap Fendy.

Ia menuturkan pas keluar kamar mandi, ia melihat pria yang belakangan diketahui bernama Hendri itu kesulitan melajukan kursi rodanya di jalanan dengan kondisi yang padat kendaraan dan menanjak. Hendri ini sudah berumur sekitar 60 tahun, warga Jalan Kutai, perumahan Randu Agung Gresik. Ia terengah-engah karena dirinya tidak kuat ketika kursi rodanya menanjak melintas di Jalan Wahidin Sudirohusodo depan pos lantas 9.0 lampu merah GKB.

“Saya melihat dari pos jaga langsung terenyuh. Tanpa pikir panjang, saya ingin menolongnya,” tambahnya.

Bagi Briptu Fendy, menolong sesama merupakan kewajiban. Terlebih lagi, dirinya seorang polisi. “Kita kan harus senantiasa melayani, mengayomi serta melindungi masyarakat,” katanya kembali.

Ternyata, Hendri ini menderita stroke, dan memiliki penyakit pengapuran pada tulangnya. Sebenarnya tidak ingin merepotkan orang lain. Sehingga, dengan sisa-sisa tenaganya tetap bersikukuh hendak ke rumah saudaranya di Jalan Magetan Perum GKB. Namun, ternyata ia tidak kuat karena kursi rodanya yang dikenakan terganjal jalan menanjak.

Akhirnya Ferndy membantu menyeberangkan Hendri. Tak hanya itu, ia pun diantar menggunakan mobil patrol ke rumah saudaranya itu. Tanpa sungkan, ia menggendong Hendri dan membopongnya ke mobil patroli. Setelah itu ia diantar ke rumah saudaranya. (*/jee)

(sb/yud/ris/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia