Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik
*Baznas Santunan Bersama 1.500 Yatim dan Dhuafa’

Edukasi Para Amil Zakat untuk Berbagi Kebahagiaan

31 Mei 2018, 11: 10: 48 WIB | editor : Aries Wahyudianto

Edukasi Para Amil Zakat untuk Berbagi Kebahagiaan

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gresik menggelar kegiatan santunan dan buka bersama dengan anak yatim dan dhuafa'. Kali ini, Baznas Kabupaten Gresik, mengadakan kegiatan santunan dan buka bersama 1.500 yatim dan dhuafa selama bulan Ramadan.

Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim yang turut hadir menyapa ribuan anak yatim dan dhuafa. Selain itu, ada pula penghafal Al Quran, tukang kebersihan, loper koran hingga anak berkebutuhan khusus yang datang. Dalam kesempatan tersebut, Qosim menyempatkan diri untuk memberikan ceramah kepada para jamaah. Ia mengajak seluruh anak dan undangan untuk meningkatkan ketaqwaan. "Tidak ada bedanya semua makhluk Allah, hanya prilaku dan ketaqwaannya yang membedakan," kata Qosim dalam di Masjid Al Inabah Pemkab Gresik, Rabu (30/5). Secara simbolis, Wabup M. Qosim memberikan bingkisan kepada perwakilan anak yatim dan dhuafa yang hadir.

Ketua Baznas Gresik Abdul Munif mengatakan, kegiatan itu merupakan kepedulian Baznas Gresik saat Bulan Ramadan. “Kegiatan rutin kita lakukan setiap tahunnya. Dengan tujuan, sosialisasi dan edukasi kepada para amil zakat serta berbagi kebahagiaan,” jelasnya.

Dijelaskannya, sejumlah 1.500 orang yang menerima zakat ini terdiiri dari 877 anak yatim, 315 dhuafa, 20 tukang kebersihan, 25 loper koran, 20 ABK, 123 huffadz, 40 orang donasi pesantren dan 80 orang dari safari Ramadan. "Terlaksananya kegiatan ini tidak terlepas dari kepedulian pemerintah daerah dan para atakeholder di Gresik yang peduli, dengan harapan semakin meningkat zakat yang terkumpul dan semakin meningkatnya kepedulian masyarakat untuk beramal," jelasnya.

Rencananya, kegiatan digelar di Masjid Al Inabah Pemkab Gresik. Di masjid itu yang datang para yatim dan dhuafa’ dari Kecamatan Manyar, Gresik, Kebomas, Duduksampeyan dan Cerme, Benjeng dan Balongpanggang dengan total 540 orang. Kemudian, kegiatan berlanjut di wilayah utara yang meliputi Kecamatan Panceng, Bungah, Ujungpangkah, Sidayu dan Dukun dengan jumlah orang 200 orang. Ketiga, sebanyak 180 orang berasal dari wilyah selatan yang meliputi Kecamatan Menganti, Kedamean, Wringinanom dan Driyorejo. Kemudian, di Pulau Bawean yang meliputi Kecamatan Sangkapuran dan Tambak sebanyak 100 orang. (est/han)

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia