Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Features Surabaya
Hikmah Ramadan

Ramadan Sebagai Pembakar Dosa

Oleh: KH. Abd Buchori, Ketua MUI Jatim

24 Mei 2018, 12: 35: 01 WIB | editor : Wijayanto

KH. Abdusshomad Buchori

KH. Abdusshomad Buchori (ISTIMEWA)

Share this      

RAMADAN dapat memiliki makna suatu ibadah untuk membakar dosa. Pastinya dosa yang dimaksudkan adalah dosa kecil, karena dosa besar harus dilakukan dengan taubat.

Sehingga jika ibadah puasa Ramadan dilakukan dengan baik maka manusia akan kembali kepada yang namanya fitrah. Selain sebagai pembakar dosa, puasa juga berfungsi untuk melatih kesabaran manusia. Karena itu tidak jarang dikatakan sebagai ujian bagi manusia.

Pastinya ketika manusia hidup akan diuji Allah maka jika manusia mampu sabar pasti manusia tersebut akan naik tingkat.  Sebagai manusia kita diperintahkan untuk selalu bersabar dalam menghadapi segala persoalan hidup. Hidup merupakan ujian bagi Allah, sehingga segala persoalan kita kembalikan kepa Allah.

Ramadan menjadi bulan yang cukup spesial karena memiliki kehebatan tersendiri yaitu sebagaimana hadits Rasulullah SAW : Surga itu sangat rindu pada empat golongan orang yaitu, pertama orang yang selalu membaca Al Qur'an, kedua orang yang selalu menjaga mulutnya dari ucapan kotor, ketiga orang yang memberi makan orang lapar, keempat adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadan. Sehingga kita pantas bersyukur bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Agar ibadah puasa Ramadan kita sempurna maka kita harus mampu menjaga diri dari perbuatan yang bisa menghapus pahala puasa. Rasulullah menjelaskan dalam hadits nya tentang perbuatan yang menghapus pahala puasa yaitu : pertama adalah perbuatan dusta, kedua adalah ghibah, ketiga adalah perbuatan adu domba, keempat melakukan sumpah palsu, dan kelima adalah melihat lain jenis sehingga menyebabkan ketertarikan.

Semoga kita bisa menghindari kelima perbuatan tersebut agar sempurna ibadah puasa ramadhan kita, sehingga mampu menjadikan kita fitrah dengan dosa dosa yang sudah terbakar saat kita berpuasa. (son/rud)

(sb/son/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia