Senin, 20 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Ramadan, Pelindo III Prioritaskan Bongkar Muat Sembako

23 Mei 2018, 11: 30: 37 WIB | editor : Aries Wahyudianto

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III akan memprioritaskan bongkar muat sembako selama bulan Ramadan.

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III akan memprioritaskan bongkar muat sembako selama bulan Ramadan. (FIRMANSYAH/RADAR GRESIK)

Share this      

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III akan memprioritaskan bongkar muat sembako selama bulan Ramadan. Layanan bongkar muat akan dilakukan selama 24 jam untuk antisipasi lonjakan kebutuhan selama puasa.

General Manager PT Pelindo III Cabang Gresik, Yanto mengatakan, pihaknya sudah kerjasama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Wilayah Pelabuhan (KSOP) untuk memprioritaskan layanan bongkat muat sembako supaya tidak ada yang tersendat di pelabuhan.

“Kami juga menyiapkan personil khusus untuk memantau bongkar muat sembako di pelabuhan Gresik. Walaupun nantinya hujan turun, kami tetap upayakan kegiatan bongkar muat terutama kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat,"  kata Yanto.

Dipredikasi, proses bongkar muat selama bulan ramadan ini  meningkat pada komoditas CPO (Crude Palm Oil). Oleh karena itu, tahun 2017 lalu, Pelindo III Gresik berani investasi pembangunan loading point CPO yang bakal mendukung bongkar muat di dermaga curah cair dan dermaga 70.

“CPO banyak dicari dalam dunia industri. Sebab, punya beragam produk olahan, mulai dari proses pemurniannya yang menghasilkan minyak kelapa sawit, hingga produk lain seperti margarin, mie instan, sabun, deterjen, eskrim, dan kosmetik. Sehingga pada bulan puasa ini terjadi lonjakan yang cukup signifikan,” papar dia.

Kepala Bagian Umum dan Kehumasan KSOP Gresik, Nanang Afandi mengatakan pada bulan biasa, jumlah bongkat muat sembako di pelabuhan Gresik hanya 1 sampai 2 kapal. Namun, jumlahnya naik hingga empat kapal saat Ramadan.

“Per kapal melakukan bongkar muat dengan kapasitas 2.500 hingga 3.500 GT,” ungkapnya.

Ditambahaknnya, untuk proses bongkar muat pihaknya memberikan pelayanan secara khusus. Salah satunya, kapal berisi sembako dibongkar lebih dahulu. Sebab, sembako  harus segera didistribusikan ke toko maupun swalayan.

“Apabila barang telat didistribusikan, akan memicu gejolak harga. Ini yang kami minimalisir,” tandasnya.(fir/han)

(sb/fir/ris/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia