Selasa, 16 Jul 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Pasca-Teror Bom, Pendaftaran Mudik Gratis Tetap Buka Sesuai Jadwal

18 Mei 2018, 16: 09: 26 WIB | editor : Wijayanto

ANTUSIAS: Aktivitas mudik gratis yang melibatkan Dinas Perhubungan Jawa Timur digelar tahun lalu di Jalan Frontage Road Barat.

ANTUSIAS: Aktivitas mudik gratis yang melibatkan Dinas Perhubungan Jawa Timur digelar tahun lalu di Jalan Frontage Road Barat. (dok/radar surabaya)

Share this      

SURABAYA - Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim tetap akan membuka pendaftaran mudik bersama yang dilakukan hari ini, Jumat (18/5). Meskipun suasana masih belum stabil pasca bom bunuh diri di beberapa tempat beberapa hari lalu.

“Tetap besok mulai dilakukan pendaftaran untuk mudik bersama. Kita tetap buka pelaksanakan sesuai waktunya. Meskipun saat ini situasi belum normal,” ujar Kepala Dishub Jatim Wahid Wahyudi, Kamis (17/5).

Disebutkannya, untuk mengamankan antrian pendaftar yang berjubel, pihaknya telah menggandeng dari petugas berwajib. Sehingga nantinya memang diakuinya, pengamanan masuk ke dalam Dishub akan sedikit diperketat. “Ya memang nanti sedikit ketat pengamanannya. Namun tidak terlalu, hanya diperiksa tas dan barang bawaannya saja,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Angkutan dan Keselamatan Jalan Dishub Jatim Isa Ansori mengatakan, dishub telah menyiapkan 560 bus untuk kepentingan mudik dan balik gratis. Terdiri dari 427 bus yang nanti siap mengantarkan mudik dan sisanya 133 bus untuk balik gratis.  Dari kesemua armada tersebut dipastikan memiliki fasilitas pendingin udara.

“Pelaksanaan mudik gratis dijadwalkan 12 dan 13 Juni 2018. Hari Raya Idul Fitri diperkirakan 15 atau 16 Juni 2018,” kata Isa.

Perlu diketahui, sesuai jadwal mudik gratis yang telah disusun, pendaftaran dibuka 18 Mei 2018 sampai habis. Ini berlaku untuk moda bus dan Kereta Api serta angkut motor gratis. Selain itu ada pula mudik gratis naik kapal laut ke wikayah Kepulauan di Jatim. Pendaftaran khusus kapal dibuka 28 Mei - 23 Juni 2018.

Khusus mudik gratis naik bus akan diberangkatkan dua gelombang. Yakni pada Rabu (12/6) dan Kamis (13/6). Akan ada ratusan bus yang dikerahkan gratis mengangkut pemudik hingga ke semua kota di seluruh Jatim. Nantinya keberangkatan untuk moda bus dari Kantor Dishub Jatim JL A Yani Surabaya.

Total ada 20 kota tujuan mudik gratis. Yakni Ngawi, Magetan, Madiun, Ponorogo, Treanggalek, Pacitan, Kediri, Blitar, Pare, dan Tulungagung. Kemudian Situbondo, Bondowoso, Banyuwngi, Probolinggo, dan Jember. Selain itu, Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro. (bae/hen)

(sb/bae/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia