Minggu, 23 Sep 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Ratusan Marinir Jaga Bandara Juanda

Kamis, 17 May 2018 20:10 | editor : Lambertus Hurek

Apel siaga pasukan TNI AL di Bandara Juanda.

Apel siaga pasukan TNI AL di Bandara Juanda. (khaesar/radar sidoarjo)

Teror bom yang mengguncang Surabaya dan Sidoarjo membuat otoritas Bandara Internasional Juanda memperketat pengamanan. Dua kompi Pasukan Marinir (Pasmar) disiagakan di area bandara di Kecamatan Sedati tersebut.

General Manager PT Angksa Pura 1 Heru Prasetyo Bandara Juanda mengatakan,  teror bom yang mengancam Kota Surabaya dan Sidoarjo membuat pihaknya harus memberikan keamanan dan kenyamanan para penumpang. "Paling tidak dengan adanya pengamanan yang ketat bisa mempersempit ruang gerak para teroris," kata Heru.

Hingga kemarin situasi di kompleks bandara masih aman dan kondusif. Lalu lintas penerbangan berjalan seperti biasa. Namun, kewaspadaan tetap ditonjolkan mengingat Bandara Juanda merupakan objek vital penting di tanah air.

Untuk menjamin keselamatan para pengguna jasa, menurut Heru, sebanyak 152 personel TNI AL dikerahkan bersama 62 personel Marinir. Penjagaan dilakukan secara terbuka dan tertutup. "Pemeriksaan kendaraan yang masuk ke Bandara Juanda juga diperketat," katanya.

Dia juga meminta calon penumpang untuk tiba di bandara sekitar tiga jam sebelum jadwal keberangkatan. Ini penting untuk mengantisipasi penumpukan akibat peningkatan intensitas pemeriksaan kendaraan yang masuk area bandara. "Selain itu, supaya nyaman dan tidak buru-buru dari proses check-in hingga boarding," ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono melihat langsung apel pengamanan Bandara Juanda. Ia mengaku senang dan bangga dengan upaya pihak bandara untuk melakukan pengamanan. "Paling tidak para pengguna jasa di bandara bisa aman dan nyaman," kata Bambang.

Bambang juga sempat berdialog dengan anggota TNI AL. Dia berpesan kepada pihak bandara dan pasukan untuk tetap waspada dan peka terhadap  kejadian di sekitar bandara. (sar/rek)

(sb/sar/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia