Minggu, 23 Sep 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Sidak Pasar, Wabup Qosim Temukan Kenaikan Harga

Rabu, 16 May 2018 16:01 | editor : Aries Wahyudianto

Wabup Moch Qosim ketika berdialog dengan pedagang bahan pokok di Pasar Benjeng.

Wabup Moch Qosim ketika berdialog dengan pedagang bahan pokok di Pasar Benjeng. (Yudi/Radar Gresik)

Menjelang Ramadan Wakil Bupati (Wabup) Gresik Moh Qosim kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Benjeng. Hasilnya, sejumlah bahan pokok mulai merangkak naik.

"Iya memang ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan. Salah satunya bawang merah yang semula Rp 28 ribu menjadi Rp 32 ribu perkilogram," ujar Wabup Qosim.

Menurut dia, kenaikan harga ini karena psikologis pedagang yang berusaha menaikan harga setiap menjelang puasa dan lebaran. Untuk harga ditingkat hulu sebenarnya masih stabil. "Ini cukup bagus kenaikannya tidak begitu drastis. Hanya memang pedagang yang berusaha menaikan," ungkap dia.

Dikatakan, pihaknya bersama Satgas Pangan Polres dan Kodim 0817 akan terus melakukan pemantauan harga. Pihaknya berharap pada lebaran mendatang harga tetap bisa stabil. "Tetap untuk operasi pasar akan dilakukan saat ditemukan harga mengalami kenaikan," terangnya.

Sementara itu, Rohmah, salah satu pedagang mengatakan harga daging ayam yang mengalami kenaikan cukup besar. Biasanya perkilogramnya hanya Rp 32 ribu saat ini sudah mencapai Rp 38 ribu perkilo. "Setiap harinya mengalami kenaikan Rp 1000 sejak satu pekan lalu," ungkap dia.

Selain itu, bawang merah juga mengalami kenaikan dari Rp 24 ribu menjadi Rp 35 ribu perkilogramnya. Untuk bawang putih mengalami penurunan dari sebelumnya Rp 40 ribu menjadi Rp 28 ribu. "Cabe juga turun dari sebelumnya Rp 60 ribu kini tinggal Rp 24 ribu perkilogramnya," pungkas dia.

Pada sidak kali ini Wabup Moh Qosim didampingi Kepala Diskoperindag Gresik Agus Budiono serta Bagian Perekonomian Pemkab Gresik. (rof/ris)

(sb/rof/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia