Rabu, 19 Sep 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Membludak, Jadwal Pelayaran Bawean Ditambah

Rabu, 16 May 2018 15:48 | editor : Aries Wahyudianto

Penumpang memadati pelabuhan Gresik untuk menyebrang ke Pulau Bawean.

Penumpang memadati pelabuhan Gresik untuk menyebrang ke Pulau Bawean. (Yudhi/Radar Gresik)

Pelayaran Gresik-Bawean sejak dua hari terakhir terasa peningkatannya. Untuk mencegah penumpukan arus penumpang, Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik kembali menambah jadwal pelayaran di rute sejauh 81 mil laut tersebut.

Secara khusus Bidang Perhubungan Laut Dishub Gresik telah berkirim surat kepada agen Kapal Motor (KM) Ekspress Bahari. Rencananya, penambahan jadwal kapal Bawean bakal dimulai hari ini, Rabu (16/5). Sebelumnya, Dishub menambah frekuensi operasional pelayaran Kapal Bawean menjadi dua kali dalam sehari. Dengan rincian, KM Natuna Ekspres bakal melayani pelayaran pada hari Selasa dan Rabu pukul 06.30 dari Bawean menuju Gresik serta pukul 13.00 dari Gresik menuju Bawean.

Sedangkan untuk KM Ekspres Bahari bakal melayani setiap hari Selasa dan Rabu pukul 07.30 dari Gresik menuju Bawean serta pukul 13.00 dari Bawean menuju Gresik. “Untuk saat ini kami meminta tambahan frekuensi pelayaran kepada KM Ekspres Bahari pada Rabu untuk keberangkatan dari Gresik-Bawean pukul 07.00 dan keberangkatan Bawean-Gresik pada 13.00,” ujar Sekertaris Dishub Gresik AH Sinaga, kemarin.

Dikatakan, penambahan kembali frekuensi jadwal berlayar Kapal Bawean ini dilakukan lantaran jumlah penumpang terus mengalami peningkatan. “Kami berharap dengan adanya penambahan frekuensi pelayaran Kapal Bawean bisa meminimalisir penumpukan penumpang,” ungkap dia.

Menurut dia, sebelumnya masing-masing kapal hanya melayani satu kali keberangkatan. Untuk saat ini, setiap kapal bakal melayani pulang dan pergi. “Jadi nanti, mereka bakal berlayar dari Bawean ke Gresik, kemudian dari Gresik ke Bawean,” ungkap dia.

Dikatakan, pihaknya sudah berkirim surat kepada dua perusahaan pemilik kapal tersebut. Rencananya, penambahan frekuensi pelayaran dari Gresik menuju Bawean maupun sebaliknya mulai berlaku hari ini. “Sudah, kami sudah berkirim surat dan akan mulai berlaku mulai Rabuhari ini,” imbuh dia. (rof/ris)

(sb/rof/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia