Selasa, 25 Sep 2018
radarsurabaya
icon featured
Features Surabaya

Secara Hisab, Besuk, Awal Puasa Ramadan

Rabu, 16 May 2018 07:40 | editor : Abdul Rozack

PANTAU HILAL: Ketua Lembaga Falakiyah PCNU Surabaya, Imron Rosyadi, memantau penampakan hilal melalui teleskop di atap Masjid Al Mabrur, Surabaya, Sel

PANTAU HILAL: Ketua Lembaga Falakiyah PCNU Surabaya, Imron Rosyadi, memantau penampakan hilal melalui teleskop di atap Masjid Al Mabrur, Surabaya, Selasa (15/5). (ANDY SATRIA/RADAR SURABAYA)

SURABAYA – Puasa Ramadan dipastikan akan dimulai pada Kamis (17/5). Kementerian Agama RI telah menuntaskan sidang isbat menentukan awal puasa tersebut. 

Di Surabaya, upaya menyambut bulan suci Ramadan 1439 Hijriah juga dilakukan. Moh Imron Rosyadi Takmir Masjid Al-Mabrur yang juga Ketua Lembaga Flakiyah PWNU Surabaya mengatakan saat ini belum terlihat adanya hilal. Dan diperkirakan belum bisa menentukan tanggal pastinya hari pertama puasa.

“Tadi kami laksanakan pemantauan hilal pada pukul 17.20 WIB, dan ternyata sampai magrib posisi hilal masih minus 1 derajat 18 menit. Artinya secara hisab, awal Ramadan jatuh pada hari Kamis (17/5),” ujar Imron, Selasa (15/5).

Pemantauan hilal di Jawa Timur terdapat tujuh titik daerah diantaranya, Pasuruan, Jember, Malang, Blitar, Lamongan, dan masih banyak lainnya. Rencananya jika hingga nanti malam tidak ada keputusan dari PWNU Jawa Timur, maka keputusannya menunggu kepastian dari Kemantrian Agama.

Pemantauan hilal juga dilakukan di sejumlah daerah. Berdasarkan pantauan dari tiga daerah yakni Surabaya, Semarang dan Medan, hilal belum terlihat. Hilal diperkirakan tidak terlihat hari ini karena terbenam mendahului matahari.

“Karena posisi hilal saat ini berada di bawah ufuk saat maghrib, kemungkinan nanti tunggu keputusan dari pak menteri. Saya dapat informasi di lokasi lain juga belum terlihat,” terang Imron.

Berdasarkan penetapan awal puasa ini, maka umat Islam di Indonesia kemungkinan akan mulai melakukan shalat tarawih pada Rabu, (16/5) malam. (gin/rud)

(sb/gin/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia