Rabu, 19 Sep 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Surabaya

Proyek Cable Car Suramadu Harus Bisa Kembangkan Perekonomian

Rabu, 16 May 2018 07:20 | editor : Abdul Rozack

PENUNJANG: Pariwisata Suramadu semakin lengkap dengan nantinya dibangun fasilitas cable car yang akan menjadi daya tarik baru bagi wisatawan, selain i

PENUNJANG: Pariwisata Suramadu semakin lengkap dengan nantinya dibangun fasilitas cable car yang akan menjadi daya tarik baru bagi wisatawan, selain itu juga meningkatkan perekonomian masyarakat. (Dokumen Radar Surabaya)

SURABAYA – Konsep pembangunan kereta gantung di kawasan Jembatan Suramadu diminta dilakukan dengan matang. Selain ditunjang infrastruktur yang memadai, juga harus bisa mengembangkan potensi unggulan di masyarakat sekitar. 

Ketua Komisi C DPRD Surabaya Syaifuddin Zuhri mengatakan, konsep pembangunan kereta gantung harus dilakukan dengan baik. Nantinya, PT PP Properti Suramadu yang berencana membangun kereta gantung tersebut juga harus bisa mengutamakan keselamatan dan akses masuk yang tepat. 

“Biar bangunnya tidak asal-asalan dan bisa jadi destinasi wisata baru,” katanya, Selasa (15/5). 

Dia mengungkapkan, kereta gantung tersebut akan mendatangkan banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara jika dipersiapkan dengan matang. Meski dikelola oleh swasta, namun juga harus mendapatkan masukan dari pemkot agar pembangunannya sesuai dengan harapan. 

“Biar tidak hanya cari untung, tetapi juga pengembangan kawasan sekitar,” imbuhnya. 

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, destinasi wisata baru itu harus bisa menjadikan kawasan Jembatan Suramadu ikon Surabaya. Sehingga, dengan adanya fasilitas baru tersebut, maka kawasan Surabaya utara bisa memiliki pengembangan daerah yang jadi jujukan masyarakat. “Tapi ditata dengan baik jangan asal pasang kereta gantung tapi tidak ada infrastruktur penunjang,” jelasnya. 

Saat ini kerja sama PT PP Properti Suramadu dengan Pemkot Surabaya untuk pembangunan kereta gantung ditargetkan Agustus hingga September selesai. Setelah dikelola tiga tahun kemudian destinasi kereta gantung akan diserahkan kepada Pemkot Surabaya.

Untuk pembangunan kereta gantung memiliki bentang 725 meter dengan total investasi Rp 35 – 40 miliar. Nantinya cable car tersebut bakal melintasi sisi jembatan Suramadu di Tambak Wedi. Pihak investor memesan 20 cable car di Tiongkok.

Dirut PP Properti Suramadu Rudy Harsono mengatakan, pembangunan kereta gantung ini sebagai bentuk penataan kawasan pesisir Utara Surabaya. Selain juga akan dibangun, apartemen, perkantoran, dan hotel. Lahan seluas enam hektar di kawasan Suramadu akan dijadikan kawasan penunjang. 

“Konsep sudah dimatangkan untuk pengembangan di utara Surabaya,” tegasnya. (vga/nur)

(sb/vga/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia