Kamis, 14 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Otak-Atik Sampah Organik Bikin Siswa Makin Kreatif

14 Mei 2018, 10: 35: 29 WIB | editor : Aries Wahyudianto

Par aibu dan anak KB-TKI Bakti 7  berkolaborasi membuat fun compost art.

Par aibu dan anak KB-TKI Bakti 7 berkolaborasi membuat fun compost art. (ESTI SEPTIANI/RADAR GRESIK)

Share this      

Inovasi belajar fun compost art sedang diminati para orang tua siswa TK. Berbagai tempelan dari bahan sampah makin membuat para siswa kreatif. 

Praktisi bank sampah Shanty Irawati mengatakan fun compost art ini  bisa digunakan untuk wall décor atau hiasan dinding. “Yang terpenting mengajak anak lebih kreatif mengelola limbah,” kata Shanty.

Untuk membuaat fun compost art ini bukanlah hal yang sulit. Selain berguna untuk memnimalisir sampah organik dan merubahnya menjadi karya seni, bisa merangsang anak untuk memiliki imajinasi dan peduli dengan lingkungan.

 “Banyak sampah yang dikeluarkan dari rumah kita setiap hari, mulai sampah dapur, limbah belanja sayur hingga sampah berserakan di halaman rumah, itu biasakan anak agar mengetahui dan memilahnya,” papar Shanty.

Dikatakannya, sampah organik bisadikreasikan  dengan  mudah. Sebab,  anak diarahkan mengumpulkan sampah organik daun, bunga, cangkan telur, batang sayur, kulit jagung, biji buah, daun pisang, kulit singkong, kulit buah hingga sayur. Kemudian, sampah organik ini perlu dibersihkan dan dikeringkan. “Tinggal kita yang mengkreasikan bersama anak, ditempelkan sesuai konsep dengan perekat,” kata  dia.

Konseptor Kegiatan Widitra Maulida mengatakan  bahwa anak-anak  kebanyakan membuat konsep rumah  beserta pekarangannya. Bahkan, otak atik sampah organik itu juga dikreatifitasikan melalui gambaran   hiruk pikuk pasar, hewan   dan lain sebagainya.. “Kami ingin mengenalkan funcompost art ini, jadi para iu dan anak bisa berkreasi,” jelasnya.

Ia berharap  kegiatan itu makin meningkatkan karya seni dari bahan sampah organik. “Ini kami mulai kecil dan sederhana sehingga anak peduli lingkungan  dan kreatif,” tutupnya. (est/han)

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia