Rabu, 19 Sep 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Gus Ipul Janjikan Kesejahteraan Guru SMK

Minggu, 13 May 2018 20:45 | editor : Abdul Rozack

Quote: Gus Ipul

Quote: Gus Ipul (Quote)

SURABAYA - Cagub nomor urut dua Saifullah Yusuf  terus melakukan kunjungannya ke berbagai daerah di Jatim. Terbaru, Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf,  mengunjungi Hafla Akhirussanah SMP dan SMK Islam Tikung Lamongan, Sabtu (12/5) siang. Dalam kunjungannya, Gus Ipul menyampaikan komitmen untuk melakukan peningkatan kualitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Peningkatan kualitas para lulusan SMK diharapkan dapat sekaligus menjawab kebutuhan lapangan kerja. Keterampilan itu penting. Siapa yang memiliki skill atau keterampilan akan sekaligus bisa segera mendapat kerja," ujar Gus Ipul dari rilis yang diterima Radar Surabaya.

Untuk itulah, kata Gus Ipul, sejak beberapa tahun terakhir bersama Gubernur Soekarwo telah memperbanyak jumlah SMK di Jatim yang kini telah mencapai 1.680 unit. Dengan rincian, SMK Negeri sebanyak 293 dan selebihnya merupakan sekolah swasta. "Oleh karena itulah, selama ini Pemprov menambah banyak SMK dan membatasi SMA," sebutnya.

Menurut dia, saat ini yang dibutuhkan adalah lembaga pendidikan melahirkan tenaga kerja siap pakai di berbagai sektor lapangan kerja. Siswa terampil menurut harus memenuhi tiga hal. Pertama, mengerti teori. Kedua, bisa mempraktikkan teori keahlian (memiliki keahlian). Sedangkan yang terakhir, harus disertai perilaku yang sesuai dengan ketrampilannya. "Ketiganya harus bisa dioptimalkan di sekolah, khususnya SMK. Siswa bukan hanya paham teori, namun juga bisa mempraktekkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya sertifikat keahlian," tandasnya. (bae/hen)

(sb/bae/jek/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia