Rabu, 23 Oct 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Aksi Tanam 1.000 Pohon Trembesi di Suramadu

11 Mei 2018, 17: 18: 20 WIB | editor : Wijayanto

PEDULI LINGKUNGAN: Puspita Dewi Prijadi (tiga dari kiri) secara simbolik menyerahkan bibit pohon Trembesi kepada M Nurhamzah, Koramil Labang Bangkalan, dalam acara penanaman seribu pohon di area Jembatan Suramadu sisi Madura di Kecamatan Labang, Kamis (10

PEDULI LINGKUNGAN: Puspita Dewi Prijadi (tiga dari kiri) secara simbolik menyerahkan bibit pohon Trembesi kepada M Nurhamzah, Koramil Labang Bangkalan, dalam acara penanaman seribu pohon di area Jembatan Suramadu sisi Madura di Kecamatan Labang, Kamis (10 (SUYADI/RADAR SURABAYA)

Share this      

SURABAYA - Kepedulian terhadap lingkungan merupakan salah satu dari lima program utama kegiatan Lions Clubs, selain kesehatan mata, pengentasan kelaparan, kanker anak, dan diabetes. Sebanyak seribu pohon Trembesi telah ditanam di area Jembatan Suramadu sisi Madura di Kecamatan Labang, Kamis (10/5). 

Puspita Dewi Prijadi, Immediate Pass President (IPP) LCS Shining, mengatakan kegiatan ini  salah satu agenda dari Konvensi Perkumpulan Lions Indonesia Multi  Distrik 307 yang berlangsung di Surabaya, bekerja sama dengan PT Matahari Sakti (PT MS) melalui program corporate social resposibility (CSR).

“Konvensi ini merupakan agenda tahunan organisasi pelayanan terbesar dunia ini. Lions Clubs saat ini beranggotakan 1,45 juta orang dan  tersebar di 211 negara. Di Indonesia anggotanya telah mencapai 10.800 orang,” kata Puspita di sela-sela acara kemarin.

Menurut dia, pelaksanaan konvensi  bergilir dari daerah satu ke daerah lainnya. Kali ini Surabaya mendapat kehormatan  sebagai tuan rumah Konvensi yang diikuti lebih dari seribu orang ini. Dalam Konvensi akan dipilih calon-calon pemimpin di tingkat Distrik maupun multi Distrik.   Dan juga untuk menentukan  arah kebijakan terbaru dari Lion Clubs Indonesia Distrik 307.

Puspita mengungkapkan, program Lions Clubs Surabaya (LCS) Shining dalam menyambut bulan Ramadan tahun ini akan mengadakan buka puasa bersama anak yatim dan kaum dhuafa. Selain itu juga akan mengadakan khitanan massal. Sebelumnya telah dilakukan bakti sosial berupa medical chek-up lengkap dengan biaya murah yang diikuti lebih dari 1.200 orang.  

Puspita menambahkan, dipilihnya lokasi Kecamatan Labang, Bangkalan, Madura untuk melakukan aksi peduli lingkungan ini karena Labang  mempunyai letak yang strategis, baik dari sisi Madura maupun Surabaya. Apalagi sekarang sudah ada Jembatan Suramadu yang menghubungkan kedua wilayah tersebut.  “Pohon Trembesi berumur panjang dan dapat menyerap karbon dioksida (C02) dan menghasilkan oksigen (02) yang berguna untuk makhluk hidup,” jelas Dewi yang juga Presiden Direktur PT MS. 

Aksi penanam pohon ini disambut baik masyarakat Madura, khususnya di Kecamatan Labang. Hal ini disampaikan  M Mahfud, Camat Labang yang hadir pada acara ini.  “Dengan adannya penanaman pohon ini akan bermanfaat untuk generasi ke depan,” kata Mahfud.

Dia berharap aksi menanam pohon ini tidak berhenti sampai di sini. “Ke depan Lions Clubs dapat  melakukan aksi serupa di daerah Bangkalan sehingga Jembatan Suramadu sisi Madura akan lebih sejuk dan asri,” kata Mahfud. (yad/hen)

(sb/jpg/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia