Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Tambah Kapasitas Produksi, PDAM Pasang Pompa Air

08 Mei 2018, 20: 27: 46 WIB | editor : Lambertus Hurek

Salah satu instalasi pengolahan PDAM Delta Tirta Sidoarjo.

Salah satu instalasi pengolahan PDAM Delta Tirta Sidoarjo. (IST)

Share this      

Peningkatan pelayanan masih terus dilakukan oleh PDAM Delta Tirta. Mengingat cakupan layanan yang baru mencapai 37 persen, selain mempersiapkan pengaliran air Umbulan, saat ini perusahaan daerah tersebut berupaya untuk meningkatkan kapasitas produksi. Salah satunya dengan memasang pompa air.
Alat tersebut akan dipasang di empat Instalasi Pengolahan Air (IPA), yakni di Krian, Kedunguling, Tawangsari dan Siwalanpanji. Penjabat Sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Delta Tirta Abdul Basit Lao menjelaskan, hingga kini baru satu pompa yang sudah dipasang yaitu di IPA Tawangsari.
“Sudah dikerjakan pekan lalu, saat ini sudah tuntas," katanya.
Basit mengatakan, pemasangan pompa baru itu untuk menambah kapasitas air. IPA Tawangsari sebelumnya menghasilkan 800 liter per detik. Setelah dipasang pompa air meningkat hingga menjadi 850 liter per detik. Penambahannya berarti rata-rata 50 liter per detik.
Dia melanjutkan, pemasangan pompa air di IPA Tawangsari memang mendapatkan giliran pertama. Pertimbangannya IPA itu melayani kawasan padat penduduk. Seperti Taman, Waru, Krian dan Sidoarjo.
Setelah Tawangsari, PDAM akan memasang pompa baru di tiga IPA lain. Dengan pompa tersebut, IPA Krian yang kapasitas semula 70 liter akan menjadi 75 liter per detik. Kemudian di IPA Siwalanpanji dari semula 123 liter per detik menjadi 130 liter per detik. Lalu, IPA Kedunguling dari 145 liter per detik menjadi 150 liter per detik. ”Untuk IPA-IPA itu masih proses pengadaan,” pungkasnya. (nis/jee)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia