Jumat, 23 Aug 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo
Bakal Jadi Mako yang Terbesar

Dimulai Pembangunan Polresta Sidoarjo yang Baru

08 Mei 2018, 20: 07: 48 WIB | editor : Lambertus Hurek

Bupati Saiful dan Kapolda Jatim bersama pejabat lain meninjau maket Mako Polresta Sidoarjo.

Bupati Saiful dan Kapolda Jatim bersama pejabat lain meninjau maket Mako Polresta Sidoarjo. (GUNTUR IRIANTO/RADAR SIDOARJO)

Share this      

Polresta Sidoarjo akan memiliki gedung tiga lantai yang digunakan sebagai markas komando (mako) baru. Lokasinya di Desa Cemekalang, Sidoarjo. Ini setelah dilakukan peletakan batu pertama yang menandai dimulainya pembangunan mako Polresta Sidoarjo tersebut, Selasa (8/5/2018) siang.

Mako baru ini akan dibangun di tanah seluas 50 ribu meter persegi. Sedangkan pembiayaan pembangunan mako tersebut dari dana hibah Pemkab Sidoarjo sejumlah Rp 31,5 miliar. Ditargetkan tahap pertama pembangunan selesai tahun ini.

Peletakkan batu pertama dilakukan oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin kemudian dilanjutkan juga oleh Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri Irjen Bambang Sunarwibowo, Deputi Pelayanan Publik Kemen PAN-RB Diah Natalisa, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji.

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengungkapkan ia menyambut baik pembangunan mako baru Polresta Sidoarjo ini. Menurutnya, dengan mako baru yang memiliki gedung tiga lantai itu bisa menunjang pelayanan publik yang lebih maksimal. Diharapkan setelah gedung dibangun dan Polresta pindah ke lokasi baru, pelayanan pada masyarakat bisa lebih ditingkatkan.

“Untuk sementara, jika pembangunan mako ini selesai dibangun, maka jadi mako Polres yang terbesar,” tuturnya.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji mengatakan, setelah peletakkan batu pertama ini pembangunan tahap pertama akan segera dilakukan. Pembangunan tahap pertama ini berupa gedung tiga lantai, gedung SPKT, Satbinmas, Satlantas, lapangan upacara, helipad, dan gerbang masuk dan keluar.

“Tahap pertama ini rencananya akan selesai pada akhir atau awal tahun depan. Proyek ini dilaksanakan secara bertahap multiyears,” katanya.

Pembangunan tahap pertama ini akan dibangun di luas area 10 ribu meter persegi, dengan luas bangunan yang akan dibangun  5.000 meter persegi. Selanjutnya akan dibangun tahap kedua dengan rencana dana hibah Rp 31 miliar pula. Kompleks mako baru ini juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang anggota seperti sport center, lapangan tembak, guest house, rumah dinas, asrama prajurit.

Sementara itu, selain peletakan batu pertama, juga diresmikan e-kinerja serta aplikasi Delta Sidoarjo Siap Siaga (DS3). Untuk e-kinerja Polresta Sidoarjo melihat kinerja setiap anggotanya dari alat ini. Alat tersebut dilengkapai detector wajah dan sidik jari. Dengan begitu, kinerja setiap anggota mulai dari Kapolresta Sidoarjo hingga anggota lain bisa dipantau. Ini nantinya menjadi salah satu penilaian dan mempengaruhi tunjangan kinerja.

“E-kinerja ini mendapat apresiasi berbagai kalangan. Bahkan, anggota DPR RI terkejut kepolisian menggunakan sistem kinerja seperti ini,” kata Deputi Pelayanan Publik Kemen PAN-RB Diah Natalisa.

Diah juga membahas aplikasi DS3 yang diluncurkan hari itu. Aplikasi ini dinilainya sangat bagus dan membantu masyarakat. Selama ini masyarakat kebingungan untuk melapor jika ada kejadian, sedangkan dengan aplikasi ini mereka dimudahkan. “Tidak hanya gojek, Polresta Sidoarjo juga siap panggil. Apalagi, dalam aplikasi ini terintegrasi dengan dinas dan lembaga lain. Ini yang susah dan Polresta Sidoarjo bisa mewujudkannya,” terangnya. (gun/jee)

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia