Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Gresik
Selalu Ingin Tahu

Selalu Ingin Tahu

26 April 2018, 10: 23: 50 WIB | editor : Aries Wahyudianto

Vania Aurel

Vania Aurel (Esti/Radar Gresik)

Share this      

SEBAGAI anggota Kelompok Karya Ilmiah di SMAM 10 Gresik, Vania Aurel selalu mencoba membuat sesuatu yang baru. Tak heran bila dirinya rajin melihat kondisi di sekitanya agar bisa dijadikan objek karya ilmiah.

"Karena saya lihat itu masih banyak dikonsumsi di beberapa daerah di desa, dan ingin membuatnya lebih menarik." urainya.  

Salah satu temuan terbarunya yakni, coklat tanah. Ia memberikan nama pada produk olahan yang diteliti dengan sebutan Angkre. Penelitian yang tengah masuk dalam 20 besar kompetisi Manifest ITS ini,  bermula dari kebiasannya yang suka membaca.  "Karena mulanya saya suka cari tahu itu,  jadi ingin meneliti dan kini memulai modifikasi untuk hal itu," papar dia.  

Coklat yang berasal dari tanah inipun ia olah dengan memberikan tambahan rasa dan modifikasi yang menarik.  Misal dengan bubuk rasa buah yang ditabur dalam coklat berbahan tanah ini. 

"Ternyata banyak khasiatnya, hanya saja orang kurang tertarik mengkonsumsi.  Sebab itu kami modifikasi dan itu bisa dilakukan karena rasa ingin tahu saya, yang mencari informasi dari berbagai literatur, " papar dia.  

Banyak hal yang bisa ia dapat untuk memperdalam penelitiannya.  Rasa ingin tahunya harus dipenuhi dengan berbagai sumber terpecaya.  "Mulai observasi,  pengamatan dan rajin membaca,  pokoknyabharus bisa tahu hal-hal yang membiat saya penasaran, " imbuh dia.  (est/rof)  35/2009 tentang narkotika. "Tersangka terancam hukuman penjara diatas lima tahun," pungkas AKP Darsuki. (yud/ris)

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia