Rabu, 19 Sep 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Moda Tranporasi Jelang Persiapan Lebaran

Bahari Express Docking Selama Seminggu, Gili Iyang Per 1 Mei

Rabu, 25 Apr 2018 14:30 | editor : Aries Wahyudianto

Kapal Express Bahari menjadi moda tranportasi favorit. Jelang lebaran 2018 akan masuk docking selama seminggu.

Kapal Express Bahari menjadi moda tranportasi favorit. Jelang lebaran 2018 akan masuk docking selama seminggu. (Aris/Radar Gresik)

Syah Bandar Kepulauan Bawean memutuskan dua armada kapal akan naik docking dalam beberapa pekan ke depan. Hal ini dilakukan agar layanan angkutan lebaran 2018 lebih baik.

Reven Putra kepala Cabang PT Pelayaran SIM Gresik mengatakan sudah menjadi kewajiban untuk melakukan docking atau pengedokan terhadap kapal. Sehingga armada itu siap dalam mengangkut para penumpang.  "Waktunya paling lama seminggu untuk docking,"kata Reven. Rencananya, kapal yang akan masuk docking dari PT Pelayanan SIM Gresik yakni kapal Express Bahari 8E. “Kami pastikan keberangkatan terakhir melayani pengangkutan dari Bawean pada hari rabu (25/4), selanjutnya akan docking tahunan. Terakhir pelayaran, yaitu tanggal 25 April dari Pulau Bawean tujuan Gresik,” kata dia.

Ia memaparkan, jadwal docking sendiri sudah ditentukan sesuai dengan  kondisi kapal.  Pengedokan kapal dilihat dari aspek semuanya seperti umur kapal, jenis bahan yang digunakan untuk badan/body kapal dan kebutuhan kapal itu sendiri. Dalam melakukan pengedokan kapal harus dilakukan dengan hati-hati dan persiapan yang sangat matang karena spesifikasi bentuk kapal yang khusus dan berbeda.

Sementara Kapal Gili Iyang milik PT Pelayaran ASDP Indonesia (Persero) juga akan naik docking yang diperkirakan awal mei. “Pelayaran terakhir tanggal 1 Mei dari Bawean tujuan Paciran,” ujar Suhaemi petugas PT ASDP di Bawean.

Menurutnya docking kali ini termasuk besar sehubungan sudah 4 tahun. “Dibutuhkan waktu 20 hari untuk docking besar yang dilakukan 4 tahun sekali,” kata dia.  Yang terpenting menurutnya kapal didocking untuk persiapan pengangkutan arus lebaran nantinya. Dengan docking 2 armada kapal rute Gresik - Bawean akan dilayani satu kapal yaitu Natuna Express. (bst/han)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia