Rabu, 18 Sep 2019
radarsurabaya
icon featured
Events Sidoarjo

Sinergi TMMD dan SPS di Desa Penatarsewu, Kecamatan Tanggulangin

24 April 2018, 07: 44: 18 WIB | editor : Abdul Rozack

PEDULI: Kepala Desa Penatarsewu, Kapolsek Tanggulangin Kompol Sirdi, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono, Camat Tanggulangin Didik Widiyoko,

PEDULI: Kepala Desa Penatarsewu, Kapolsek Tanggulangin Kompol Sirdi, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono, Camat Tanggulangin Didik Widiyoko, Kepala Dinas PUPR Sidoarjo Sigit Setyawan, Serta Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin (GUNTUR IRIANTO/RADAR SIDOARJO)

Share this      

Sinergi program Sidoarjo Peduli Sungai (SPS) dan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 101 dilaksanakan di Desa Penatarsewu, Kecamatan Tanggulangin, Minggu (22/4/2018) pagi. Kodim 0816 Sidoarjo menggelar program TMMD untuk membangun desa tertinggal. TNI juga membersihkan Kali Alo di muara Sungai Ketapang Tanggulangin.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono, dan Kepala Dinas PUPR Sigit Setyawan. Hadir pula Camat Tanggulangin Didik Widiyoko, Kepala Desa Penatarsewu Choliq, dan Kapolsek Tanggulangin Kompol Sirdi.

Diawali penyerahan bantuan, para forpimda dan forpimka menuju Sungai Alo dengan perahu. Untuk melihat langsung keadaan sungai tersebut. Wabup Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan, program pemerintah berupa TMMD dan SPS ini hanya sebagai stimulus. Warga diharapkan tergerak untuk membersihkan sungai di sekitar tempat tinggalnya. "Bekerja sama dengan TNI tentu lebih efektif dan punya nilai lebih," kata wabup yang akrab disapa Cak Nur ini.

Kadis PUPR Sigit Setiawan (kiri) bersama Dandim Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono bersama forpimda dan forpimka membersihkan Sungai Alo di Desa Penatarsewu, Tanggulangin.

Kadis PUPR Sigit Setiawan (kiri) bersama Dandim Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono bersama forpimda dan forpimka membersihkan Sungai Alo di Desa Penatarsewu, Tanggulangin. (GUNTUR IRIANTO/RADAR SIDOARJO)

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Sidoarjo Sigit Setyawan mengakui Sungai Alo yang menjadi muara Sungai Ketapang masih ditemukan sampah. Sedimentasinya juga tinggi. Melalui program SPS, Dinas PUPR bersama warga bahu-membahu untuk membersihkan sungai. Sekaligus mengurangi sedimentasi di sungai-sungai yang ada di Kota Delta. Dengan begitu, kapasitas sungai untuk menampung air bisa ditingkatkan.

"Kami akan tertibkan sempadan, mengurangi sedimentasi serta membersihkan sungai dari sampah. Insya Allah, bermanfaat untuk masyarakat," ujar Sigit.

Sementara itu, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono mengajak masyarakat untuk menjadikan sungai sebagai beranda rumah. Bukan membelakangi rumah. Apalagi menjadikan sungai sebagai tempat membuang sampah. "Kalau jadi beranda rumah, maka warga akan selalu menjaga kebersihan sungai," ujar Fadli. (gun/jee)

(sb/gun/jek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia