Rabu, 19 Sep 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Surabaya

Puti Dukung Pembangunan Waduk di Kali Brantas

Senin, 23 Apr 2018 17:03 | editor : Wijayanto

INFRASTRUKTUR: Wakil gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno melihat maket pembangunan waduk di lahan Kalimati.

INFRASTRUKTUR: Wakil gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno melihat maket pembangunan waduk di lahan Kalimati. (istimewa)

MOJOKERTO - Calon wakil gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno mendukung penuh upaya pemerintah membangun long storage atau waduk di lahan Kalimati, bekas aliran Sungai Brantas. Letaknya di  Kabupaten Mojokerto. Puti melihat penyelesaian proyek nasional itu bakal banyak manfaatnya  bagi warga Sidoarjo dan Mojokerto. 

Cawagub yang berpasangan dengan calon gubernur Jatim Saifullah Yusuf tersebut mengatakan, warga di dua daerah tersebut kelak akan menikmati waduk yang diperkirakan akan selesai dibangun 2019. Luas waduk sekitar 5 kilometer persegi. Mampu menampung air 1,6 juta kubik. "Manfaatnya sangat besar apalagi untuk pengolahan air" katanya.

Dia mengungkapkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengalokasikan Rp 336 miliar dari dana APBN. Penyelesaian proyek-proyek nasional, termasuk yang ada di Jawa Timur nantinya akan didukung oleh Pemprov Jatim. "Long storage di Jatim juga jadi prioritas kita," terangnya. 

Beberapa hari lalu, Puti meninjau proyek tersebut untuk mendapat gambaran di lapangan. Ia diantar oleh anggota DPR RI Nursyirwan Sudjono dari Fraksi PDI Perjuangan.

“Proyek ini akan bermanfaat bagi bahan baku air PDAM, baik Sidoarjo maupun Mojokerto. Juga akan mengairi keperluan irigasi pertanian. Selain itu, bisa dikembangkan untuk wisata air,” ujarnya.

Puti dalam kunjungan ke berbagai daerah, melihat betapa mendesaknya kebutuhan-kebutuhan infrastruktur bagi pengembangan provinsi Jatim. Tempo hari, saat di Tulungagung, Puti mendapat curhat dari warga untuk mempercepat realisasi proyek Lingkar Wilis.

“Saya teruskan aspirasi-aspirasi itu pada pemerintahan Pak Jokowi. Menteri PUPR, Pak Basuki, juga sudah kami lapori soal aspirasi tersebut,” ujarnya. (vga/nug)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia