Sabtu, 25 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Data Ganda, DPT Berkurang 7.421 Pemilih

23 April 2018, 12: 38: 01 WIB | editor : Aries Wahyudianto

Syafi'e Ketua PPK Kecamatan Sangkapura rapat penetapan daftar pemilih sementara KPU Gresik

Syafi'e Ketua PPK Kecamatan Sangkapura rapat penetapan daftar pemilih sementara KPU Gresik (Dok/Radar Gresik)

Share this      

SANGKAPURA - Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilgub wilayah Bawean berkurang 7.421 pemilih. Itu terjadi karena ada data kependudukan yang sama alias ganda. Sehingga, KPU Kabupaten Gresik mengurangi pemilih ganda.

Sesuai data, di Kecamatan Sangkapura sebanyak 37.993 orang. Sementara, di Kecamatan Tambak sebanyak 22.485 orang. Total jumlah pemilih diseluruh Pulau Bawean sebanyak 60.478 orang. Padahal daftar pemilih pada pemilihan legislatif tahun 2018 sebanyak 67.899 orang. Ada pengurangan sebanyak 7.421 orang.

Syafi'e Ketua PPK Kecamatan Sangkapura membenarkan banyaknya, pengurangan pemilih diwilatahnya, penyebab paling banyak adalah pemilih ganda. "Banyak pemilih yang terdaftar di Dinas Kependudukan Catatan Sipil yang memiliki data kependudukan ganda,"katanya.

Karena PPS sudah melakukan kerja maksimal, imbuh Syafiie, akhirnya melalui E KTP dengan elektronik bisa langsung diketahui yang mempunyai kependudukan ganda.

Adapun pemilih yang orangnya masih berada di rantau seperti Malaysia dan Singapura masih tetap terdaftar sebagai pemilih. "Jika sewaktu-waktu mereka pulang langsung bisa menggunakan hak pilihannya,"pungkasnya. (bst/ris)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia