Sabtu, 16 Nov 2019
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Sinergi Memajukan Pariwisata di Surabaya

Pertemuan Forkom Pengelola Objek Wisata Surabaya

21 April 2018, 12: 47: 17 WIB | editor : Wijayanto

SINERGI: Pertemuan Forkom Pengelola Objek Wisata di Surabaya yang digelar di Pura Jagat Karana Surabaya.

SINERGI: Pertemuan Forkom Pengelola Objek Wisata di Surabaya yang digelar di Pura Jagat Karana Surabaya. (Wijayanto/Radar Surabaya)

Share this      

Surabaya – Mewujudkan komitmen saling kerja sama dan berbagi informasi demi kemajuan pariwisata Kota Pahlawan di kancah internasional. Demikian lah yang menjadi cita-cita para stake holder dan pengelola objek wisata di Surabaya saat mereka berkumpul di Pura Agung Jagat Karana, Jalan Ikan Lumba-Lumba, kemarin.
Pertemuan Forum Komunikasi (Forkom) Pengelola Objek Wisata Surabaya itu dihadiri oleh para stake holder wisata di Surabaya, termasuk infrastruktur pendukung seperti polisi pariwisata (pam-obvit) Polrestabes Surabaya, Surabaya City Guide (SCG), DPD APPBI Surabaya, dan para peramu wisata/guide.
Ketua Forkom Pengelola Objek Wisata di Surabaya, Bambang Supriadi mengatakan, pertemuan ini digelar rutin setiap tiga bulan sekali untuk ajang silaturahmi sekaligus menjalin kerja sama antar-pengelola objek wisata di Surabaya.
“Ini pertemuan rutin yang digagas oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya tiap tiga bulan sekali. Pertemuan ini untuk mengakrabkan serta menjalin kerja sama antar pengelola objek wisata agar kami bisa saling bersingergi,” kata Bambang yang juga anggota Badan Pengawas (Bawas) PD Pasar Surya.
Menurut pengurus Paguyuban Pedagang Pasar Bunga Kayoon ini, para pengelola objek wisata di Surabaya sudah memiliki kesamaan pemahaman untuk bersama-sama menjadikan keunggulan masing-masing destinasi wisata sebagai kemajuan bersama.
“Misalnya ada destinasi yang memiliki guide yang unggul di bidang bahasa asing, maka yang lain bisa belajar agar bersama-sama juga pandai ngomong bahasa asing itu,” tukasnya.
Bahkan, tambah dia, beberapa pengelola berencana membuat paket tour ke beberapa destinasi wisata di Surabaya untuk saling kenal dan menjalin kerja sama demi memajukan dunia pariwisata di Surabaya.
Sementara itu, Kabid Industri Wisata Disbudpar Surabaya Maulisa Nusyara menyambut baik digelarnya pertemuan Forkom Pengelola Objek Wisata Surabaya. Pihaknya berharap pertemuan ini bisa dijadikan ajang silaturahmi sekaligus kerja sama antar-pengelola objek wisata demi memajukan dunia pariwisata di Kota Pahlawan.
Forkom Pengelola Objek Wisata Surabaya beranggotakan lebih dari 50 objek wisata di Kota Pahlawan. Tak hanya wisata alam, banyak juga objek wisata buatan seperti museum, galeri, waterpark, bahkan kampung budaya-heritage seperti Maspati dan Ampel yang ikut bergabung. (jay)

(sb/jay/jay/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia