Jumat, 24 Jan 2020
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Ribuan Siswa SMP Doa Bersama Jelang UNBK

21 April 2018, 04: 16: 22 WIB | editor : Lambertus Hurek

Suasana istigasah di Masjid Agung Sidoarjo.

Suasana istigasah di Masjid Agung Sidoarjo. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Share this      

Sebanyak 5.000 siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Sidoarjo memenuhi Masjid Agung, Kamis (19/4/2018). Mereka menundukkan kepala bersama untuk berdoa dan istighotsah. Langkah ini diambil sebagai salah satu persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). 

Istighotsah dipimpin oleh Ketua Syuriah PCNU Sidoarjo KH Rofiq Siroj atau yang akrab dipanggil Gus Rofiq. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo Asrofi meminta siswa untuk memperkuat sisi spiritualnya. Di samping upaya belajar, berdoa juga harus diperkuat. Dengan begitu, siswa akan tenang menghadapi UNBK, Senin (23/4). 

Asrofi juga mengingatkan agar para siswa belajar dengan serius. Sebab, usaha yang dilakukan tidak cukup dengan berdoa saja. Namun juga harus dibarengi dengan belajar.  "Keduanya harua berjalan beriringan," katanya.

Tahun ini 170 SMP yang terdiri dari 46 SMP negeri dan 124 SMP swasta menggunakan komputer dalam ujian nasional. "Totalnya ada 26.433 siswa yang mengikuti UNBK," imbuhnya. 

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah berharap siswa SMP di Kabupaten Sidoarjo bisa lulus UNBK 100 persen. Menurut dia, dibutuhkan sebuah usaha untuk mengubah dari yang tidak baik menjadi baik, dari yang malas belajar menjadi rajin belajar, dari yang malas berdoa menjadi rajin berdoa. "Semoga melalui doa dan istighotsah bersama ini memperkuat spiritual kita," kata bupati yang akrab disapa Abah Ipul tersebut. 

Sebelum memimpin istighotsah, Gus Rofik berpesan kepada para siswa agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya dan guru. Sebab, syarat ilmu bisa bermanfaat adalah kedua hal itu harus terpenuhi. (nis/rek)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia