Minggu, 08 Dec 2019
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Sidoarjo
Asyiknya Lomba Fashion Show

Ibu-Ibu Desa Gelam Peringati Hari Kartini Ke-139

21 April 2018, 04: 13: 12 WIB | editor : Lambertus Hurek

Ibu-ibu Desa Gelam Candi usai peringatan Hari Kartini.

Ibu-ibu Desa Gelam Candi usai peringatan Hari Kartini. (satria nugraha/radar sidoarjo)

Share this      

Sebanyak 41 wanita Desa Gelam, Kecamatan Candi, tampak anggun menggunakan kebaya seraya berlenggak-lenggok ala model di Balai Desa Gelam, Jumat (19/4/2018). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian memperingati Hari Kartini ke-139. 

Ketua Panitia Sri Astutiningsih mengatakan, lomba fashion show busana adat ini bertujuan menanamkan rasa cinta tanah air. “Selain itu, agar tetap lestari dan tidak tergerus zaman,” katanya. 

Istri Kepala Desa Gelam Mochammad Muslich ini menambahkan, di zaman yang serbacanggih dengan aneka gadget ini, generasi muda tidak boleh melupakan tradisi budayanya. Begitu juga perjuangan RA Kartini terkait emansipasi kaum wanita. “Lomba ini diharap bisa mengulang peristiwa Kartini yang menunjukkan peran wanita sangat hebat,” jelasnya. 

Himatul, istri Camat Candi Iwan Jauhari, sangat mengapresiasi kegiatan Hari Kartini yang dilakukan oleh warga Desa Gelam. “Masyarakat di sini sangat guyub dan antusias dengan kegiatan desa,” ujarnya.

Terpisah, Bidan Puskesmas Candi Elizabeth Ambariti mengatakan, kegiatan ini juga ada kelas ibu hamil. "Ini rutin setiap bulan. Kita kumpulkan 10 ibu hamil, lalu sosialisasi tentang  tanda kehamilan, persalinan, pemeriksaan,” ujarnya.

Selain sosialisasi, Elizabeth mengajak ibu-ibu ini untuk senam ibu hamil. (mus/rek)

(sb/sat/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia