Sabtu, 17 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Sempat Molor, Dana Desa Akhirnya Cair

Selasa, 17 Apr 2018 09:53 | editor : Aries Wahyudianto

Tursilo Harijogi

Tursilo Harijogi (Dok/Radar Gresik)

Kota - Kabar gembira bagi kepala desa di Kabupaten Gresik, khususnya Pulau Bawean. Alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) mulai dicairkan desa. "Ada 100 desa yang sudah dicairkan untuk ADD dan DD," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD ) Kabupaten Gresik, Tursilo Harijogi.

Jumlah desa yang telah menerima ADD dan AD tersebut sesuai dengan laporan yang diterima DPMD. Meski demikian soal pencairan dana desa tergantung DPPKAD Gresik. Instansi inilah yang  yang memiliki kewenangan dalam keuangan. Sedangkan DPMD hanya sebatas pemeriksaan kesempurnaan berkas.

Menurut Tursilo, kinerja pemerintahan desa di Bawean sudah lumayan bagus. Buktinya penyetoran berkas dilakukan pada paling awal. "Sudah saya sampaikan dalam pertemuan ketika berkunjung ke Bawean, bahwa pengiumpulan berkas sudah masuk sejak awal,"paparnya.

Namun bukan berarti pencairan ini membuat riang kepala desa. Pasalnya pencairan ini termasuk molor. Dampaknya beberapa perencanaan pembangunan yang direncanakan menyerap anggaran melalui dana desa sampai saat belum dikerjakan. Bukan hanya itu, honor perangkat desa juga belum dicairkan. (bst/rtn)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia