Senin, 20 Aug 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Upaya Perbaikan Sekolah Rusak

Rehab 205 Sekolah Ruak senilai 53 M

Selasa, 17 Apr 2018 09:21 | editor : Aries Wahyudianto

Sekolah rusak yang mencapai ratusan segera diperbaiki tahun ini oleh Dispendik dengan anggaran APBD senilai Rp 53 miliar

DIPERBAIKI : Sekolah rusak yang mencapai ratusan segera diperbaiki tahun ini oleh Dispendik dengan anggaran APBD senilai Rp 53 miliar (Yudhi/Radar Gresik)

Jumlah sekolah rusak dan butuh perbaikan di Gresik cukup banyak. Namun, tahun ini Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik baru bisa memperbaiki 205 sekolah. Sebab, dana perbaikan yang dianggarkan hanya Rp 53 miliar.

DINAS Pendidikan Kabupaten Gresik mencatat ada 205 bangunan sekolah yang mendesak untuk diperbaiki tahun ini. Sekolah tersebut berada di jenjang SMP dan SD. Karena itu, pihaknya mengalokasikan anggaran Rp 53 miliar untuk perbaikan. “Renovasi akan dilakukan pertengahan tahun,” terang Kepala Dinas Pendidikan Gresik Mahin.

Dijelaskan, dari Rp 53 miliar dana yang disediakan, sumbernya berasal dari APBD Gresik 2018. Kemudian Dana Insentif Daerah (DID) hingga Bantuan Operasi Sekolah Daerah (BOSDa).

"Sementara untuk 205 sekolah yang diperbaiki masuk dalam kategori rusak berat dan sedang," kata Mahin.

Ditambahkan, untuk sekolah yang menggunakan BOSDA, perbaikannya kategori kecil dan perawatan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Manajemen Pendidikan Suwono menyebutkan, sekolah yang melalui renovasi terdiri dari ringan, sedang dan berat. Penentuan kondisi ini juga berpengaruh pada prioritas pembangunan. Sedangkan di tahun ini, didominasi renovasi. Sebab, kerusakan yang sedang.

“Untuk penentuan kategori butuh ketelitian operator yang menginput data kondisi sekolah serta verifikasi kepala sekolah. Tujuannya agar penanganan pembangunan tepat sasaran, sebelum ada survei dari dinas dan aset,” paparnya.

Dijelaskan, sebagian besar renovasi di tahun ini diperuntukkan perbaikan atap kelas di sekolah. Sedang untuk penambahan ruang kelas baru, disebut Wono banyak dilakukan di daerah selatan Gresik.  Tahun ini, ada 16 pembangunan sekolah baru. Di antaranya dana alokasi khusus (DAK) SD Rp 11 miliar, SMP sebesar Rp 5 miliar, kemudian APBD 8 miliar serta DID Rp 28 miliar. (est/ris)

(sb/est/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia