Sabtu, 20 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Pelunasan ONH Tahap Pertama Mulai 16 April

Senin, 16 Apr 2018 19:36 | editor : Lambertus Hurek

Pengambilan sidik jari CJH Sidoarjo.

Pengambilan sidik jari CJH Sidoarjo. (satria nugraha/radar sidoarjo)

Setelah rata-rata nilai Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) ditetapkan pada bulan lalu, Keputusan Presiden (Keppres) nomor 7 tahun 2018 mengenai BPIH akhirnya keluar juga. Di dalam keppres tersebut mengatur besaran BPIH di masing-masing embarkasi.
Bagi Calon Jamaah Haji (CJH) dari Sidoarjo akan mengikuti embarkasi Surabaya. Nilanya sebesar Rp 36.091.845. Jumlah ini naik Rp 425.595 dari BPIH tahun 2017 lalu sebesar Rp 35.666.250.
Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo Rochmad Nasrudin mengatakan, meski keppres tentang BPIH sudah keluar, CJH belum bisa melakukan pelunasan. Alasannya, Surat Keputusan (SK) dari Dirjen PHU terkait waktu pelunasannya belum keluar.
“CJH belum boleh melakukan pelunasan dulu," katanya.
Nasrudin mengaku, hingga saat ini sudah banyak CJH yang menanyakan mengenai waktu dimulainya pelunasan. Sempat diinfokan bahwa akan dimulai pada 2 April lalu, namun SK belum turun juga. Padahal Kemenag sudah menyiapkan surat pemberitahuan untuk dikirim ke masing-masing jamaah.
"Akhirnya tidak jadi dikirim karena jadwal pelunasannya belum resmi,” imbuhnya.
Namun dijelaskan Nasrudin, setelah keppres ditandatangani, jadwal pelunasan sebenarnya sudah keluar. Hanya belum disahkan dalam SK. Tahap pertama pelunasan akan dimulai pada 16 April mendatang. Dikatakan, sebenarnya CJH sudah banyak yang mengetahui jadwal pelunasan ini, namun masih menunggu disahkan dalam SK.
Sambil menunggu jadwal pelunasan yang resmi, Nasrudin meminta kepada semua CJH untuk melakukan tes kesehatan di puskesmas wilayahnya. Setelah itu sertifikat istithaah dari puskesmas atau Dinas Kesehatan (Dinkes) harus disimpan. Sebab sertifikat tersebut merupakan salah satu syarat dalam proses pelunasan. (nis/jee)

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia