Senin, 19 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik
Bupati Sambari Canangkan Jumat Berbaris

Jadikan Alumni STPDN Pengatur Barisan

Senin, 16 Apr 2018 13:32 | editor : Aries Wahyudianto

Bupati Sambari Halim Radianto ketika memimpin kegiatan baris berbaris di Halaman Kantor Bupati Gresik

BERBARIS : Bupati Sambari Halim Radianto ketika memimpin kegiatan baris berbaris di Halaman Kantor Bupati Gresik (Yudhi/Radar Gresik)

Tiap Jumat pagi, PNS dan THL di jajaran Pemkab Gresik kini tidak lagi berolahraga senam. Mereka diwajibkan mengikuti kegiatan baris-berbaris oleh Bupati Sambari Halim Radianto.

FA ROFIK

Wartawan Radar Gresik

KEGIATAN baris berbaris sudah dimulai sejak Jumat pekan lalu. Seluruh PNS dan THL yang biasanya senam pagi di halaman, kini berganti haluan belajar baris berbaris. Agar latihan baris berjalan sempurna, Bupati Sambari menginstruksikan para alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) menjadi instruktur dan pimpinan baris berbaris.

Sejenak Bupati Gresik Sambari Halim Radianto memberikan aba-aba untuk mengatur barisan para alumni sekolah kedinasan pamong praja. Tampak dalam barisan itu Asisten III Darmawan dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tursilowanto Hariogi.

Saat diatur Bupati, barisan alumni STPDN kompak dan serempak. “Hadap kiri, hadap kanan, balik kanan, maju jalan,” teriak Bupati Sambari memberikan aba-aba kepada barisan alumni STPDN yang sebagianbesar mengisi jabatan eselon II dan III.

Sambari memuji barisan alumnis STPDN yang kompak dan serempak. Dia memaklumi karena sudah terlatih baris-berbaris sejak mengeyman pendidikan. “Saya minta para alumni untuk mengatur barisan seluruh peserta apel. Silahkan masuk pada peleton Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengatur mereka semua, kerjakan,” perintah Sambari.

Setelah mendapat instruksi, para alumni STPD ini menyiapkan barisan masing-masing OPD disiapkan untuk untuk melakukan parade barisan. Setiap peleton berbaris menghadap pimpinan. Sejenak Bupati mengatur hadap kanan hadap kiri balik kanan, maju jalan.

Meski awalnya tampak kurang serempak, namun setelah beberapa kali aba-aba sudah tampak baik. “Maju jalan” perintah sambari.

Seketika barisan bergerak mengitari halaman kantor Bupati Gresik. Tak berhenti sampai disitu, untuk melatih kekompakan Bupati sambari memerintahkan untuk berputar sekali lagi mengelilingi halaman dan kantor Bupati.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Suyono mengatakan, setiap apel pagi Senin dan Jumat, bupati masih sering melihat kesalahan pada barisan. Entah laporan, hadap kanan dan hadap kiri.

“Memang ada rencana seluruh pejabat eselon IV, III dan II akan menjalani latihan baris-berbaris. Saat ini jadwalnya masih dibuat oleh pihak Kesbangpol Pemkab Gresik. Untuk saat ini, ibaratnya masih pemanasan sekalian mengganti kegiatan senam Jum’at pagi” papar Suyono. (*/ris)

(sb/rof/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia