Senin, 19 Nov 2018
radarsurabaya
icon featured
Gresik

26 Usulan Hibah Ganda

Senin, 16 Apr 2018 10:08 | editor : Aries Wahyudianto

Ronny AP

Ronny AP (Dok/Radar Gresik)

Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik terus melakukan verifikasi terhadap ratusan lembaha pendidikan yang menerima bantuan hibah pada tahun 2018. Dari hasil verifikasi ini, Dispendik menemukan adanya usulan hibah ganda serta lembaga yang telah menerima hibah pada tahun sebelumnya.

Dari data yang berhasil dihimpun, dari 887 lembaga pendidikan penerima hibah, 784 lembaga telah selesai diverifikasi. Sedangkan sisanya, ditemukan sejumlah masalah administrasi. Yakni, ada 26 usulan ganda serta 36 usulan yang tidak bisa dicairkan karena lembaga tersebut pernah menerima hibah pada tahun 2017 lalu.

Subbag Pelaporan Dispendik Kabupaten Gresik Ronny AP mengatakan untuk temuan ini pihaknya sudah meminta untuk diperbaiki. Sedangkan untuk lembaga yang pernah menerima pada tahun sebelumnya sesuai aturan tidak bisa menerima lagi pada tahun ini. “Untuk hibah dua tahun sekali,” ujarnya.

Dikatakan, untuk SMA dan SMK sebanyak 38 lembaga dipastikan tidak bisa diproses. Sebab, perlu ada perubahan pengajuan proposal dari sekolah menjadi yayasan. “Untuk SMA dan SMK swasta kemungkinan besar bakal dilakukan perubahan pada PAK mendatang,” ungkap dia.

Sementara itu, untuk yang selesai diverifikasi sudah diserahhkan kepada Bagian Hukum untuk di SK. Tetapi, perkembangan terbaru, Dispendik diminta untuk memberikan nomor pada proposal yang akan di SK tersebut.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gresik mengatakan pihaknya meminta Dispendik mempercepat proses verifikasi. Jika memang ada kesalahan, harus segera diminta untuk melakukan perubahan. “Sehingga, tidak saling menunggu dan bisa segera diselesaikan,” terangnya. (rof)

(sb/rof/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia