Minggu, 23 Feb 2020
radarsurabaya
icon featured
Surabaya

Sulit Cari Parkiran, Pemkot Siapkan Go Parkir

13 April 2018, 11: 06: 55 WIB | editor : Wijayanto

DIPERMUDAH: Pengguna mobil menggunakan fasilitas parkir di Park and Ride Mayjen Sungkono. Parkir khusus tersebut sudah menggunakan aplikasi Go Parkir untuk memesan slot parkir.

DIPERMUDAH: Pengguna mobil menggunakan fasilitas parkir di Park and Ride Mayjen Sungkono. Parkir khusus tersebut sudah menggunakan aplikasi Go Parkir untuk memesan slot parkir. (VEGA DWI ARISTA/RADAR SURABAYA)

Share this      

SUrabaya - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya memiliki cara tersendiri untuk memfasilitasi pengguna kendaraan yang akan parkir. Salah satunya menyediakan aplikasi Go Parkir yang terkoneksi di 13 tempat titik parkir di Kota Pahlawan.
Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyu Drajat mengatakan, aplikasi tersebut memudahkan pengguna kendaraan untuk memesan tempat parkir. Dimana pengendara akan mengetahui lebih dulu kondisi tempat parkir yang akan dituju.
“Jika penuh tentu tidak bisa parkir dan harus cari alternatif lain,” kata Irvan Wahyu Drajat, Kamis (12/4).
Dia mengungkapkan, setelah download aplikasi Go Parkir pengguna akan langsung bisa mencari lokasi parkir terdekat dan melakukan pemesanan. Dengan memasukkan plat nomor dan pilih slot parkir serta masukkan lama waktu parkir maka akan bisa langsung memesan parkir.
“Selanjutnya bisa pilih-pilih metode pembayaran dengan tekan tombol booking apabila data benar, dan segera upload bukti transfer untuk menyelesaikan pesanan,” jelasnya.
Go Parkir bisa digunakan di 13 lokasi tempat parkir khusus, yaitu di Gedung Siola, Balai Pemuda, Tugu Pahlawan, THP Kenjeran Utara, THP Kenjeran Selatan, Conventional Hall, wisata Religi Ampel, RS Soewandi, Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA), Dinas Kesehatan, Lapangan Hoki, Lorong Gedung Siola, dan Park And Ride Mayjen Sungkono.
Saat ini uji coba baru dilakukan di empat lokasi tempat parkir khusus mulai 7 April. Yakni, di Tugu Pahlawan, Gedung Balai Pemuda, UPTSA dan Park and Ride Mayjen Sungkono. Selanjutnya untuk sembilan tempat parkir lain dijadwalkan beroperasi pada 16 April mendatang.
Irvan menambahkan, dengan adanya aplikasi Go Parkir maka para pengguna kendaraan bisa mengantisipasi untuk membawa kendaraan. Jika parkir penuh diharapkan bisa menggunakan fasilitas transportasi massal yang ada. “Kita ingin pengguna kendaraan nyaman termasuk aka parkir,” terangnya.
Menurutnya, sejak dilakukan uji coba pada 7 April  lalu sudah ada sebanyak 133 pengguna yang memanfaatkan Go Parkir ini. Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah seiring dengan sosialisasi dan publikasi yang semakin digencarkan oleh Dishub Surabaya. “Pengembangan Go Parkir akan diperluas di kantong-kantong parkir strategis di Surabaya,” pungkasnya. (vga/rud)

(sb/vga/jay/JPR)

 TOP
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia